Pemerintah Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, menjadikan sektor pariwisata sebagai program prioritas mengingat potensi yang dimiliki daerah itu cukup banyak yang jika dikelola dengan maksimal akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Asahan, Drs Witoyo menyebutkan pemerintah setempat telah menetapkan sektor pariwisata sebagai salah satu program prioritas dari 10 program prioritas.

Sektor pariwisata merupakan program prioritas nomor 9 yaitu "Asahan Go Wisata". Beberapa objek wisata yang ada di antaranya arung jeram Sungai Asahan, air terjun Ponot, Danau Teratai dan air terjun Simonang-Monang.

"Asahan memiliki keanekaragaman daya tarik wisata yang jika dikembangkan secara menyeluruh dan terpadu, dapat menjadi aset dan potensi wisata yang mampu menarik kunjungan wisatawan," katanya.

Agar program tersebut dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan dibutuhkan strategi melalui persiapan dan pembinaan yang matang dengan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia pariwisata, diantaranya adalah generasi muda.

Terkait generasi muda yang dapat diandalkan untuk lebih mengenalkan berbagai potensi pariwisata yang ada di daerah itu, Pemkab Asahan menggelar pemilihan duta pariwisata.

Pemilihan duta pariwisata, selain untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, juga sebagai upaya menanamkan kecintaan generasi muda pada kegiatan kepariwisataan.

"Pemerintah Kabupaten Asahan mendukung pelaksanaan pemilihan Duta Pariwisata Kabupaten Asahan sebagai salah satu bentuk pemasaran pariwisata di Kabupaten Asahan," katanya.

Pemilihan duta pariwisata, lanjut dia, bukan sekedar menampilkan keindahan fisik, kecantikan dan ketampanan semata, namun diharapkan memiliki kecerdasan, jiwa sosial, berbakat, serta memiliki wawasan tentang kepariwisataan.

Disamping itu, duta pariwisata hendaknya menjadi tauladan dan panutan di tengah-tengah masyarakat khususnya bagi generasi muda, baik dalam bertindak, berbuat, bertingkah laku maupun bertutur kata.

"Melalui ajang itu diharapkan dapat melahirkan generasi yang kreatif dan inovatif sehingga mampu menjadi Duta Pariwisata Kabupaten Asahan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024