Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu Utara menyatakan berkas pasangan bakal calon Bupati/Wakil Bupati Dr Hendriyanto Sitorus - Dr H Samsul Tanjung  telah memenuhi syarat.

Hal itu dikemukakan Ketua KPU Labura Adi Susanto didampingi anggotanya Bambang Desriandi, James Ambarita, M Yusuf dan Darwin usai menerima dan memverifikasi berkas yang disampaikan pasangan itu ke kantor lembaga itu yang berada di Jalan Angkatan 66 Aekkanopan, Selasa (27/8) sore.

Pemeriksaan berkas persyaratan tersebut awalnya dilakukan secara online dengan sistem silon. Namun karena ada kendala jaringan walau sudah dicoba beberapa waktu, akhirnya berita acara pendaftaran dilakukan secara manual.
H Samsul Tanjung mengisi buku tamu saat akan mendaftar bersama pasangannya Hendriyanto Sitorus ke KPU Labura di Jalan Angkatan 66 Aekkanopan Aekkanopan, Selasa (27/8). (ANTARA/Sukardi)



"Berkas dari pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Labura Dr Hendriyanto Sitorus SE MM dan Dr H Samsul Tanjung ST MH memenuhi syarat setelah diverifikasi," katanya. Selanjutnya kepada pasangan calon itu diberikan tanda terima pendaftaran.

Adi juga menjelaskan kepada pasangan, tahapan selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan yang akan dilaksanakan di RS Adam Malik Medan. Jadwalnya juga sudah ditentukan yaitu pada tanggal 31 Agustus mendatang.

Untuk itu, pihaknya meminta pasangan tersebut mempersiapkan diri seperti puasa sebelum check kesempatan dan membawa perlengkapan yang dibutuhkan untuk kegiatan itu.

Pada kesempatan itu pihak KPU juga menyerahkan maskot pemilihan bupati/wakil bupati kepada pasangan tersebut. Acara itu disaksikan oleh para pimpinan partai politik pengusung dan pendukung.

Adapun partai yang mengusung pasangan HEBAT itu adalah Partai Golkar, Hanura, PAN, PKB, PBB, PPP, Gerindra, PDI Perjuangan, NasDem, Demokrat, PKS dan PSI dengan total suara 204.124 suara. 

"Dukungan suara ke kita dari 12 partai pengusung sebanyak 204.124 suara, sedangkan syarat minimum mencalonkan diri sebanyak 17.420 suara, jadi cukup dan memenuhi syarat pencalonan ", ucap Rudi Kurnia Ketua Tim Relawan Hebat usai pendaftaran di Kantor KPU.

Dengan tidak adanya sisa suara sah yang tersisa, maka untuk Labuhanbatu Utara hanya pasangan HEBAT lah yang maju sebagai kandidat dan berhak mendaftar ke KPU setempat.

Hadir pada proses pendaftaran itu anggota Bawaslu Labura Juskanri Sihaloho dan Supriadi didampingi sejumlah stafnya. Sementara itu sejumlah personil Polri dan TNI bersiaga di sekitar lokasi kantor KPU.
 

Pewarta: Sukardi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024