PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara membangun sebanyak 39 mesin stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di wilayahnya sepanjang Agustus 2024.

"PLN telah membangun sebanyak 39 mesin SPKLU yang tersebar di 27 lokasi strategis di Sumatera Utara," ujar General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto di Medan, Kamis.

Saleh melanjutkan akselerasi SPKLU sebagai komitmen PLN dalam mendorong pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik, terutama di wilayah beribu Kota Medan ini.

Lebih lanjut, dia mengatakan, dengan semakin banyak fasilitas SPKLU, diharapkan masyarakat mau beralih dan tidak perlu khawatir kehabisan daya dalam pengisian listrik tersebut.

PLN UID Sumut memiliki SPKLU yakni di antaranya di SPKLU Medan Kota, SPKLU City View, SPKLU Amir Hamzah, SPKLU Binjai, SPKLU Tebing Tinggi, SPKLU Rantauprapat, SPKLU Pematang Siantar, SPKLU Medan Baru, SPKLU Sibolga SPKLU Terminal Amplas, SPKLU Balige, SPKLU Berastagi, SPKLU Parapat dan SPKLU Pangururan.

"Kami berharap, dengan semakin banyaknya SPKLU yang tersebar, masyarakat akan semakin terdorong untuk beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan," kata Saleh.

Ia mengatakan, ini juga menjadi momentum pihaknya dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional, dimana PLN berupaya memberikan layanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Sepanjang 2023, terjadi total 1.149 kali transaksi di seluruh SPKLU PLN UID Sumut atau meningkat 53 persen dibandingkan tahun 2022, yakni sebanyak 748 kali transaksi. Adapun jumlah konsumsi listriknya sebesar 44.522,12 kilowatt-hour (kWh).
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024