Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79. Upacara berlangsung di Lapangan Adam Malik Pematangsiantar, Sabtu (17/8/2024).

Saat menjadi Inspektur Upacara, dr Susanti yang datang didampingi Ketua Dekranasda Kota Pematangsiantar H Kusma Erizal Ginting SH mengenakan pakaian adat Simalungun berwarna biru lengkap dengan Bulang di kepala.

Upacara diisi dengan Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga. Sementara pengobatan bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Pematangsiantar Tahun 2024.

Pembawa baki bendera yaitu Siti Suleha dari SMA Kartika 1-4 dan pendamping pembawa baki Anggreini Zefanya Simanjuntak dari SMAN 1. 

Pengibar bendera yakni Fadil Abyyi Purba dari MAN Pematangsiantar, Alinski Sitompul dari SMA Negeri 6, dan Rasyah Arfa Giffandra dari SMA Sultan Agung. Sedangkan Komandan Pleton (Danton) Ortiz Saragih dari SMAN 5. 

Usai upacara, dr Susanti menyerahkan secara simbolis Satyalancana Karya Satya kepada para pegawai negeri sipil (PNS) yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun.

Kemudian diumumkan pemenang Lomba Kearsipan di lingkungan Pemkot Pematangsiantar. 

Selain itu, diserahkan juga hadiah kepada pemenang Arpus Challenge, yakni Lomba Mewarnai Tingkat PAUD SAB, Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat SLTA, Lomba Story Telling Tingkat SMP, dan Lomba Duta Baca Tingkat SD dan SMP.

Acara dimeriahkan penampilan marching band dari PT STTC. 

Upacara diikuti Unsur Forkopimda Plus, veteran, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ormas, Pramuka, PNS, pelajar, dan lainnya. (Adv).

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024