Pengrov Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sumatera Utara memasang target realistis di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut dengan tiga emas, mengingat kekuatan yang dinilai cukup merata di seluruh daerah.

"Awalnya kita akui mengusung target banyak medali, namun secara data dan status atlet yang prioritas serta menilik data yang ada maka kita cukup realistis terhadap tiga atlet yang diproyeksikan merebut medali emas," kata perwakilan FASI Sumut Furqan Azhari di Medan, Jumat.

Pria yang akrab disapa Ari ini mengatakan, tumpuan tiga atlet tersebut berada pada masing-masing disiplin cabang olahraga aeromodelling (dua atlet) dan dari gantole (satu atlet).

Bahkan secara gamblang Ari membocorkan nama-nama atlet yang diproyeksikan merebut medali emas di arena PON nanti yakni Risky Maulana dan Muhammad Ardiansyah (aeromodelling dan drone) serta Irvan Ompusunggu (gantole)

"Kenapa mereka berpeluang, karena hasil dari try out yang kita gelar baik kejurnas hingga liga nasional nama merekalah yang paling menonjol. Itulah track record-nya kenapa mereka masuk menjadi atlet prioritas emas cabang olahraga aero sport," katanya.

Namun Ari mengatakan, tiga disiplin cabang olahraga lainnya di aero sport bukan tidak memiliki peluang. Akan tetapi dari dua disiplin cabang olahraga tadi lebih memiliki track record yang baik sehingga diprediksi bisa mempersembahkan medali emas

"Contoh di paramotor juga sebenarnya atlet kita sudah sangat siap dan matang namun harus digarisbawahi bahwa paramotor baru perdana dipertandingkan di arena PON ini. Apalagi PON Papua 2021 lalu masih sebatas ekshibisi dan Sumut juga absen," katanya.

Ditanya persiapan, Ari menjelaskan semua atletnya sudah cukup matang bersiap diri menjelang pertandingan sesungguhnya.

"Mohon doanya apa yang kami targetkan di PON ini nanti bakal terwujud sehingga membawa kontingen PON Sumut bisa berjaya," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024