Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution menyebutkan bahwa bantuan beras seberat 10 kilogram per kepala keluarga (KK) bisa meringankan warga kurang mampu sebanyak 81.569  keluarga penerima manfaat.
 
"Kami berharap bantuan beras kepada 81.569 keluarga penerima manfaat ini dapat meringankan kebutuhan pangan," ucap Bobby dalam penyerahan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (BP-CBP), di Medan, Kamis (15/8).
 
Walau tidak bisa melindungi seluruh kebutuhan pangan, lanjut dia, tetapi bisa mengurangi beban warga kurang mampu Kota Medan, termasuk di kawasan Medan Marelan.
 
Atas nama Pemkot Medan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah ini.
 
Wali kota menganggap bantuan ini sebagai gerakan mengantisipasi persoalan harga pangan bukan hanya tingkat lokal, namun juga tingkat regional dan bahkan internasional.
 
"Oleh karenanya, pemerintah melakukan antisipasi terhadap lonjakan kenaikan harga pangan serta inflasi, terutama di Kota Medan," kata Bobby.
 
Pihaknya juga mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut menjadi salah satu upaya jangka pendek yang dilakukan oleh pemerintah agar harga pangan terjangkau.
 
"Ke depan persoalan pangan ini sudah jadi program utama di masa kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto," tegas dia.
 
Wali kota mengungkapkan, tentu baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota di Sumatera Utara akan turut melakukan ragam upaya agar harga pangan tetap stabil.
 
Wali Kota Medan Bobby Nasution pada kesempatan itu juga menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada sekitar 1.000 nelayan sebagai jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan kematian.
 
Selain itu, menyerahkan akta badan hukum bagi kelompok nelayan untuk peningkatan legalitas kelompok yang diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.
 
Terakhir, menantu Presiden Joko Widodo tersebut juga memberikan asupan pangan bagi balita usia 1-3 tahun guna pemenuhan kebutuhan gizi mencegah stunting (kekerdilan).
 
"Dengan harapan harga-harga pangan di Indonesia, termasuk Kota Medan stabil dan sesuai harapan bapak, apalagi kaum ibu," tutur Bobby.
 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024