Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Mochammad Hasan menekankan jajaran TNI siap melaksanakan penanggulangan bencana melalui latihan posko I dan latihan lapangan dalam rangka penanggulangan bencana tahun 2024.

Ia mengatakan bahwa latihan ini menjadi sangat penting untuk meningkatkan kemampuan penanggulangan bencana, mengingat dalam beberapa tahun terakhir berbagai bencana alam telah melanda wilayah Indonesia.

"Selain itu, latihan ini upaya kita untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama antar semua elemen baik TNI, Polri, pemerintah daerah dan instansi terkait," kata Pangdam saat membuka latihan melalui Apel Siaga Bencana di Halaman Tugu Sirih, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin.

Pangdam menyebut koordinasi ini akan meningkatkan respons cepat dalam penanggulangan bencana dan kesempatan berharga untuk menyatukan kemampuan dan sumber daya yang terlibat dapat saling bersinergi, memahami peran dan tanggung jawabnya masing-masing.

Menurutnya, keselarasan prosedur tetap sangat penting agar setiap langkah yang diambil sudah sesuai dengan strategi yang disusun sehingga penanggulangan bencana dapat berjalan efisien dan efektif ini.

Dengan integrasi dan koordinasi yang baik, kata dia, sangat menentukan keberhasilan dalam penanggulangan bencana.

"Saya ingin menekankan semangat dan motivasi para peserta pelatihan untuk berperan secara proporsional dan profesional serta laksanakan pengawasan dan koreksi agar hasil latihan sesuai dengan tujuan dan tepat waktu," ujarnya.
 

Pewarta: Ogen

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024