Berbagai peristiwa ekonomi diberitakan oleh Kantor Berita ANTARA pada Senin (23/7), mulai dari potensi ekonomi hijau dari kelapa hingga rencana kenaikan gaji PNS.

Berikut selengkapnya:

1. Jokowi: Potensi ekonomi hijau dari kelapa beri peluang besar bagi RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan potensi ekonomi hijau memberi peluang besar bagi Indonesia termasuk melalui pengembangan kelapa, kakao, vanili, kopi, lada, dan cengkeh.

2. Pemerintah siapkan 4 KEK baru dengan nilai investasi Rp161 triliun

Pemerintah tengah menyiapkan peresmian 4 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru dengan total nilai investasi Rp161 triliun.

Plt. Sekretaris Jendral Dewan Nasional KEK Rizal Edwin mengatakan, Pemerintah saat ini mempersiapkan penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) untuk meresmikan 4 KEK baru tersebut. Namun, belum diketahui kapan PP tersebut diterbitkan.

3. BNI Xpora perluas akses pasar UKM lewat kerja sama dengan KAI Service

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melalui program BNI Xpora memperluas akses pasar bagi usaha kecil dan menengah (UKM) melalui kerja sama dengan PT Reska Multi Usaha (KAI Services).


Melalui kerja sama ini, menurut BNI, produk-produk UKM akan semakin mudah dijangkau oleh masyarakat luas khususnya dalam hal penyediaan produk snack pada KAI onboard service.

4. Kadin: Dokumen "whitepaper" diharapkan perkuat pembangunan 2025-2029

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyampaikan Dokumen Peta Putih atau whitepaperkebijakan ekonomi diharapkan dapat memperkuat dan menyukseskan program pembangunan nasional 2025-2029.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan bahwa Kadin Indonesia sedang menyusun whitepaper berisi usulan dan masukan pelaku usaha, investor maupun termasuk akademisi, mengenai isu-isu ekonomi strategis yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi nasional lima tahun ke depan.

5. Kemenkeu buka suara soal rencana kenaikan gaji PNS

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) buka suara soal rencana kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) pada 2025.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata menjelaskan penyesuaian gaji aparatur sipil negara (ASN) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 bisa dalam berb
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemarin, potensi ekonomi hijau kelapa hingga rencana gaji PNS naik

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024