Bupati Samosir Vandiko Gultom mengatakan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Samosir yang positif bahkan melebihi Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2023 terjadi karena eratnya kerja sama semua pihak.

"Ini berkat kerja sama yang baik antara para stakeholder yang selalu berusaha menghadirkan berbagai macam pembangunan di Samosir seperti bidang infrastruktur, pertanian, kesehatan, pariwisata, pendidikan dan bidang lainnya. Tentu ini dampak baiknya dirasakan masyarakat," ujar Vandiko pada acada Toba Jou-Jou X Digifest 2024 di kawasan Waterfront City Pangururan, Samosir, Sumut, Sabtu.

Pada tahun 2023, Kabupaten Samosir merasakan pertumbuhan ekonomi 5,03 persen atau lebih tinggi daripada Sumatra Utara yang ada di angka 5,01 persen.

Vandiko menekankan, dalam menjalankan program-program pemerintahan, Pemkab Samosir senantiasa selalu mengedepankan sinergisitas dengan pemerintah provinsi dan pusat, serta pihak swasta.

Kegiatan seperti Tao Toba Jou Jou X Digifest 2024, yang diinisiasi Kantor Perwakilan BI (Bank Indonesia) Sibolga di Kabupaten Samosir, disebut Bupati juga akan meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat.

“Kami berharap pertumbuhan ekonomi Samosir pada tahun 2024 lebih baik," tutur Vandiko.

Adapun Bank Indonesia, selain dengan kegiatan seperti Tao Toba Jou Jou X Digifest 2024, juga mendukung Pemkab Samosir dalam pengendalian inflasi melalui operasi pasar murah.

Meski program itu baru dilaksanakan di tiga kecamatan, Vandiko menyebut manfaatnya dirasakan masyarakat. 

Kepala Bank Indonesia Sibolga Riza Putera menegaskan komitmen pihaknya untuk menumbuhkan ekonomi dan pariwisata di 16 kabupaten dan kota yang menjadi wilayah satuan kerja BI Sibolga.

"Pada prinsipnya BI selalu hadir mendukung peningkatan ekonomi dan pariwisata melalui produk unggulan di masing-masing daerah," kata Riza.

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024