Panitia Pekan Olahraga Nasional Wilayah Sumatera Utara (PB PON Sumut) mengajak seluruh kabupaten/kota di wilayah ini untuk memasifkan sosialisasi gerakan volunteer atau relawan hingga ke seluruh lapisan masyarakat.

Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) PB PON Sumut Ismael Sinaga mengatakan pihaknya terus menggencarkan pelibatan masyarakat dalam menyukseskan ajang olahraga nasional tersebut.

"Sosialisasi ini harus melibatkan berbagai organisasi kemasyarakatan, termasuk organisasi kepemudaan wanita se-Sumut," ujar Ismael Sinaga, di Medan, Rabu.

Ismael yang juga merupakan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Pemprov Sumut ini menjelaskan bahwa pemerintah provinsi juga melakukan berbagai upaya dalam memasifkan sosialisasi PON 2024 di seluruh wilayah ini.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Sumatera Utara juga meminta seluruh kepala daerah menyiapkan sarana dan prasarana serta menyediakan media luar ruang, sosialisasi media sosialisasi hingga ke tingkat desa.

"Pak Pj Gubernur Sumut telah membuat surat imbauan ke seluruh pimpinan dan anggota organisasi untuk berperan aktif dalam menyosialisasi gerakan volunteer PON 2024," kata dia.

Ismael mengatakan bahwa PB PON Sumut membutuhkan volunteer atau relawan pada PON 2024 yang terdiri dari tiga klasifikasi yakni Gren Volunteer, Blue Volunteer dan Yellow Volunteer.
 


Dia menjelaskan tiga klasifikasi volunteer tersebut akan bertugas sesuai kebutuhan pada ajang olahraga nasional tersebut.

Green Volunteer, kata dia, akan tergabung dalam struktur panitia pelaksana baik sebagai event staff maupun general support atau bertugas secara langsung pada pelaksanaan ajang tersebut.

Nantinya, lanjut dia, Green Volunteer akan terlebih dahulu mendapatkan pembekalan melalui pelatihan yang telah disiapkan khusus untuk mendukung tugas mereka.

"Blue Volunteer adalah mereka yang tetap bekerja, beraktivitas sebagaimana keseharian. Mereka akan disematkan atribut Duta Sumatera Utara yang akan bekerja dalam keramahan budaya Sumut, menyapa dan melayani seluruh tamu yang hadir dalam rangka PON," jelas dia.

Sedangkan Yellow Volunteer akan terlibat untuk mendapatkan pengalaman pada ajang olahraga empat tahunan tersebut. Yellow Volunteer akan bergabung dalam gugus-gugus yang datang dari institusi, pendidikan.

Dia mengatakan bagi masyarakat yang berminat menjadi volunter masih diberi kesempatan untuk mendaftar karena proses rekrutmen-nya berakhir hingga 31 Juli 2024.

Sebelumnya, PB PON Sumut mencatat sebanyak 6.000 orang telah mendaftarkan diri menjadi volunteer sejak dibukanya pendaftaran.

PB PON Sumut menargetkan volunteer pada ajang olahraga nasional tersebut sebanyak 70.000 orang.

“Ayo putera-puteri Sumut ikut berperan serta menjadi volunteer dengan mendaftar ke www.PON2024.id," ujar dia.

 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024