Semarak perayaan hari jadi Kabupaten Padang Lawas ke -17 tahun 2024, Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Padang Lawas ( Palas) melalui Dinas Ketahanan Pangan ( Ketapang) Palas bekerjasama dengan PT SSL ( Sumatera Sylva Lestari) dan PT SRL ( Sumatera Riang Lestari) kembali mengadakan kegiatan gerakan pangan murah ( Pasar murah ) bahan kebutuhan pokok, di pendopo lapangan Merdeka, Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Selasa (16/7) siang.

Pj Bupati Padang Lawas,  Ir Ardan Noor Hasibuan ,MM didampingi Sekda Arpan Nasution, S.Sos mengatakan gerakan pasar murah (GPM) ini betujuan untuk mengendalikan sekaligus mengurangi dampak inflasi harga kebutuhan pokok di tengah - tengah masyarakat.

Pasar murah ini diharapkan mampu membantu menstabilkan pasokan dan harga pangan di wilayah Padang Lawas.

“Kami berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga pangan yang sering terjadi menjelang hari besar. Dan dengan adanya kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan perusahaan swasta, kami yakin dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat” kata Pj Bupati.

Pj Gubernur Sumatera Utara, Dr. Drs Agus Fatoni, MSi saat melakukan peninjauan, mengapresiasi pelaksanaan 
kegiatan pangan murah berupa paket sembako yang diinisasi oleh PT SSL dan SRL melalui program CSR perusahaan bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Palas itu. 

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dan berharap kegiatan yang sama dapat dilaksanakan berkelanjutan dimasa mendatang.


Manajemen PT SSL, Payung Purba menyebut, gebyar pasar murah ini sebagai bentuk dukugan perusahaan untuk menyemarakkan kegiatan perayaan HUT Kabupaten Padanglawas ke-17 tahun ini.

Disaat yang sama, Manajer Program Pemberdayaan Masyarakat PT SSL dan SRL Bayu Sukma Nugraha menyebutkan program pasar murah ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari program pemberdayaan masyarakat untuk masyarakat. Program pasar murah yang diberikan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Pasar murah ini merupakan rangkaian program pemberdayaan masyarakat selain beberapa program lain seperti bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, keagamaan serta sosial lingkungan yang telah disalurkan oleh perusahaan kepada masyarakat," terang Bayu.

Sebelumnya, Plt Kadis Ketapang Palas ABD. Rahman MY MM mengatakan harga per paket kebutuhan pokok di kegiatan gerakan pangan murah tersebut  Rp 60 ribu per paket. Harga tersebut diperkirakan jauh lebih murah dari harga pasaran yang mencapai sekitar kurang lebih Rp 130 ribu. Masing - masing paket itu, berisi beras seberat 5 kilo gram ( Kg), minyak goreng kemasan 2 Kg, dan gula pasir 1 Kg. Jumlah paket kebutuhan pokok yang disalurkan kepada peserta selama dua hari pelaksanaan kegiatan GPM itu, yakni ( Minggu (14/7) dan Selasa (16/7) sebanyak 2000 paket.

,"Terimakasih kepada PT SSL dan PT SRL yang telah turut berpartisipasi, dan berkolaborasi dengan kami ( Pemkab Palas/ Dinas Ketapang Palas) untuk melaksanakan acara ini. Semoga acara ini ( Gerakan pangan murah) di ridhoi Allah SWT, bermanfaat bagi seluruh peserta, dan membawa berkah bagi kita semua,"tutur Kadis Ketapang Palas ABD Rahman MY di sela - sela acara GPM ini.(*)
 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024