Masyarakat di Desa Sekip, Lubuk Pakam menggelar kegiatan Suro-an dalam rangka peringatan 1 Muharam 1446 H pada Rabu, 10 Juli 2024 malam.

Kegiatan yang digelar di kediaman Pak Mingan ini, rutin dilakukan warga desa yang mayoritas suku Jawa. Mengingat Muharam merupakan bulan yang sangat baik bagi umat Islam. 

Kali ini, Suro-an yang digelar berjalan dengan suka cita dan bahagia. Itu dikarenakan, hadirnya Lomlom Suwondo yang merupakan bakal calon Wakil Bupati Deli Serdang di Pilkada 2024 mendatang.

Pada kesempatan itu, Lomlom Suwondo yang merupakan Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumut itu sangat mengapresiasi masyarakat Desa Sekip karena tetap menjaga tradisi budaya. 

"Terima kasih kepada seluruh warga Desa Sekip karena sudah melaksanakan Suro-an yang merupakan tradisi budaya Jawa yang harus terus dilaksanakan. Sehingga meningkatkan khasanah budaya dan nilai spiritual yang baik," ujar Lomlom yang akan mendampingi Bakal Calon Bupati Deli Serdang dr. Asri Luddin Tambunan SpOG (dr Aci).

Pada momen tersebut, Lomlom juga memperkenalkan dirinya bahwa ia juga merupakan keturunan Jawa Ponorogo. Darah Jawa dan Melayu Langkat mengalir di dalam tubuhnya. Ia mengaku senang bisa hadir ikut Suro-an bersama dengan saudara-saudara keturunan Jawa di Desa Sekip. 
 
Ia pun memohon doa kepada masyarakat Desa Sekip, agar dilancarkan semua kegiatan dirinya pada Pilkada Deli Serdang 2024.   

"Ini merupakan amanah dari DPP Partai Gerindra untuk mendampingi bapak dr. Asri Luddin Tambunan SpOG sebagai Wakil Bupati pada Pilkada Deli Serdang 2024. Amanah ini kami terima, insyaallah kami akan membangun Deli Serdang maju, maju di bidang kesehatan, pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Lomlom.

Beberapa warga yang hadir pada Kegiatan Suro-an bangga dengan kehadiran Lomlom ditengah-tengah mereka. Mereka senang serta merasa sangat bahagia karena putra Jawa diberi kesempatan dalam memimpin Deli Serdang. 

Bahkan, mereka menyatakan siap untuk mengawal dan memenangkan pasangan dr Asli Luddin Tambunan dan Lomlom Suwondo jika nantinya telah ditetapkan secara sah oleh KPU. Masyarakat juga akan mengkonsulidasikan seluruh organisasi keturunan Jawa se Deli Serdang. 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024