Karateka Sumatera Utara menguji kemampuan di kejuaraan internasional bertajuk 3rd Sureido International Karate Championship di Manila, Filipina, sebagai salah satu upaya mematangkan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut.

Pelatih Tim Karate PON Sumut, Delphinus Rumahorbo di Medan, Selasa, mengatakan, dari 19 karateka yang disiapkan menghadapi PON mendatang, sebanyak 12 orang akan dibawa untuk mengikuti kejuaraan di Filipina.

Kejuaraan bertaraf internasional itu sengaja diikuti sebagai bentuk ujicoba, sejauh mana kemajuan yang telah dicapai para karateka Sumatera Utara sejauh ini.

"Kejuaraan di Filipina itu untuk mencoba kemampuan anak-anak. Kebetulan ada beberapa daerah yang ikut ke sana, salah satunya DKI Jakarta. Kita berangkat ke Filipina 3 Juli sedangkan pertandingan berlangsung 5 hingga 7 Juli dan tim kembali ke Medan pada 8 Juli," katanya.

Dari 19 atlet yang akan diturunkan pada PON 2024 mendatang, Delphinus menjelaskan akan membawa 12 atlet untuk mengikuti kejuaraan di Filipina .

"Kejuaraan bertaraf internasional ini sengaja kita ikuti sebagai bentuk ujicoba, sejauh mana try out kita. Kemarin kita sudah ikut kejurnas. Ini kejuaraan di Filipina untuk mencoba kemampuan anak-anak. Kebetulan dari beberapa daerah yang ikut ke sana salah satunya DKI," kata Delphinus.

Selain itu sambung Delphinus, kejuaraan itu juga sebagai upaya peningkatan kepercayaan diri anak asuhnya.

"Kalau Kejurnas kemarin senior kita dapat 3 emas terus beberapa perak dan perunggu. Kejuaraan di Filipina ini levelnya di atas, kita cobalah kemampuan anak-anak kita. Paling tidak sebelum PON sudah meningkat kemampuan mereka," katanya.

Adapun kelas pertandingan yang akan diikuti, Delphinus menjelaskan kejuaraan tersebut mempertandingkan kumite dan kata perorangan.

Sementara untuk Kata beregu, Delphinus berharap mendapatkan pengalaman bertanding pada akhir Juli mendatang.

"Kita berharap kelas Kata beregu bisa mengikuti kejuaraan tingkat nasional open turnamen Piala Kapolri atau kejuaraan yang lain. Kita juga berharap bisa ikut latih tanding ke luar, seperti ke Malaysia, Thailand atau Vietnam," katanya.

Untuk persiapan tim sampai saat ini menurut Delphinus sudah mencapai 90 persen.

"Sedangkan 10 persennya lagi mental. Untuk teknik dan motivasi atlet juga perlu ditingkatkan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024