Di bawah rintikan hujan kemeriahan terus terjadi dalam Pawai Budaya Colorful Medan Night Carnival menampilkan pesona keragaman budaya dalam merayakan Hari Jadi Kota Medan ke-434 tahun.
 
Gemerlap cahaya lampu dari kendaraan hias dan pertunjukan kesenian multi etnis berhasil memukau ribuan pasang mata yang hadir memadati sepanjang Jalan Ahmad Yani (Kesawan), di Medan, Ahad (30/6) malam.
 
Suasana pun semakin meriah dengan kehadiran Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dalam acara itu.
 
Mengenakan pakaian adat Toba, Bobby Nasution bersama Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan beserta istri dan Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu menaiki mobil hias menuju ke panggung utama menjadi tanda dimulainya Pawai Budaya Colorful Medan Night Carnival.
 
Dengan rute perjalanan dari Jalan Ahmad Yani (Kesawan) menuju Lapangan Benteng Medan, ring-iringan Pawai Budaya Colorful Medan Night Carnival diawali barisan marching band.
 
Kemudian dilanjutkan penampilan kostum karnaval menampilkan kekayaan adat budaya masyarakat Kota Medan. 
 
Barisan selanjutnya di isi dengan iring-iringan gerobak karnaval membawa para gadis ayu dengan mengenakan busana multi etnis.
 
Tidak ketinggalan barisan komunitas kesenian reog, tarian tor-tor sigale-gale hingga atraksi barongsai juga turut memeriahkan acara di malam tadi.
 
Ada 21 kecamatan se Kota Medan juga mengambil bagian dalam barisan pawai budaya dengan mengenakan pakaian adat berbagai suku di Provinsi Sumatera Utara.
 
Sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Utara juga turut ikut memeriahkan Hari Jadi Kota Medan ke-434 tahun menampilkan parade kebudayaan dari masing-masing daerah.
 
Di antaranya Labuhan Batu Utara, Tapanuli Tengah, Deli Serdang, Langkat, Padang Lawas, Pematang Siantar, Dairi, Serdang Bedagai, Binjai, Tebing Tinggi, dan Karo.
 
Usai menyaksikan dan menyapa peserta pawai budaya, Bobby Nasution berharap di hari jadi Kota Medan ke-434 tahun ke depan masyarakat Kota Medan semakin guyub dan sejahtera.
 
"Kita harus saling berkolaborasi dalam memajukan kota Medan yang kita cintai ini," katanya.
 
Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-434 untuk Kota Medan. 
 
Zulkifli menilai dibawah kepemimpinan Bobby Nasution, Kota Medan semakin maju dan berkembang.
 
"Kemajuannya sangat luar biasa, baik itu sisi kemajuan kota maupun masyarakat yang semakin kompak satu dengan yang lainnya. Semoga kota Medan semakin sukses dan jaya," ungkapnya

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024