Kepolisian Daerah Sumatera Utara memastikan pengamanan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 agar berjalan aman dan lancar.

"Kami sudah melakukan pemetaan untuk pengamanan dalam penyelenggaraan yang aman dan lancar," ujar Kepala Polda Sumut Irjen Pol Agung Imam Setya Effendi di Medan, Kamis.

Agung melanjutkan pihaknya terus mengawal dalam program pemerintah daerah maupun nasional untuk diselesaikan dengan baik.

Salah satu program nasional tersebut yakni PON, Polda Sumut akan menerapkan pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XII Aceh-Sumut dilakukan dengan cara berstandar internasional.

Pengelolaan PON harus dilakukan seperti pengamanan F1Powerboat maupun Aquabike. Sebelumnya, Agung mengatakan pengamanan ajang berstandar internasional tersebut dapat diterapkan pada ajang PON tersebut karena telah dianggap sukses dan berhasil terhadap sistem keamanan.

Salah satu pengamanan yang dilakukan pihak Polda Sumut dengan menggunakan face recognition atau identifikasi wajah di kejuaraan balap perahu motor internasional F1Powerboat di Balige tersebut.

"Hasil survei dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terhadap penilaian sektor pengamanan masuk kuadran pertama, sementara sektor lainnya dalam posisi kedua maupun ketiga," tutur Agung.

Oleh karena itu, menurutnya, dari pengalaman di ajang internasional tersebut dapat dilakukan dengan kejuaraan PON nantinya, serta sudah melakukan penataan keamanan tempat tinggal atlet, penyelenggara, pembukaan maupun penutupan ajang tersebut.

Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni mengatakan terus melakukan sinergisitas kepada pemangku kepentingan lainnya dalam langkah-langkah percepatan PON ini.

"Kedatangan kami ini juga membahas persiapan PON, Pilkada maupun proyek strategis lainnya yang ada di Sumatera Utara," ucapnya.

Menurutnya, dukungan dan kolaborasi antarpemangku kebijakan sangat diperlukan, sehingga pelaksanaan ajang olahraga nasional nantinya berjalan sesuai yang telah direncanakan.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024