Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan bersama menggelar khitanan massal dan sekaligus menyantuni anak yatim di Lapangan Kantor Camat Simpang Empat, Selasa.

Ketua Baznas Kabupaten Asahan Ir. H. Ansari Margolang menyampaikan, kegiatan ini merupakan program kesehatan dan kemanusiaan yang dilakukan Baznas Asahan. Program ini dapat berjalan atas dukungan dan bantuan Pemkab Asahan,  pasalnya 80 persen  Zakat, Infaq dan Shadaqah berasal dari ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.

 "Untuk khitanan massal ada 65 anak yang mengikuti dan untuk santunan anak yatim ada 105 anak yang akan diserahkan. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu masyarakat di Kabupaten Asahan dan akan terus berlanjut kedepannya," ujar Ansari.

Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar  mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat mulia, karena kegiatan khitanan masal ini merupakan manifestasi dari pelaksanaan ibadah kepada Allah SWT.

"Kita doakan, mudah-mudahan anak-anak kita yang baru dikhitankan ini benar-benar menjadi anak yang soleh, taat pada Allah, berbakti kepada kedua orang tuanya, berguna bagi nusa dan bangsa," sebut Taufik.

Kegiatan sosial ini juga merupakan  wujud sumbangsih dan kepedulian pemerintah kepada masyarakat terutama masyarakat kurang mampu. "Khitan bertujuan untuk kesehatan jasmani dan rohani. Selain itu, khitan juga dianggap sebagai salah satu media penyucian diri dan bukti ketundukan seseorang kepada ajaran agamanya," ujarnya

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024