Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat pada Jumat (21/6) malam.

Prakirawan Balai Besar MKG wilayah I Medan Utami Al Khairiyah, Kamis, mengatakan sejumlah wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada Jumat (21/6) sore dan malam hari.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi siang dan sore hari. Hujan intensitas sedang berpotensi di wilayah Nias Utara, Kota Gunung Sitoli, Nias Selatan, Tapanuli tengah, Sibolga, Humbahas, Binjai, Deli Serdang, Simalungun, Tebing Tinggi dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di wilayah Simalungun, Pematang Siantar, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan, Tebing Tinggi, Langkat, Medan, Binjai dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Tapanuli Tengah, Sibolga, Medan dan sekitarnya.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah sebagian Pesisir Timur, Lereng Timur, Pesisir Timur , Pegunungan, lereng barat dan sebagian pantai barat Sumatera Utara yang dapat dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," katanya.

Sementara berdasarkan pantauan Satelit NOAA20, terdapat tiga titik panas (Hotspot) di Provinsi
Sumatera Utara yang terpantau di Kecamatan Dolok, Padang Lawas Utara.

Sebelumnya Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Indah Riandiny menyebutkan gelombang laut wilayah Barat Indonesia pada umumnya rendah (0.5-1.25 meter) dan sedang (1.25 - 2.5 meter).

Pola angin di perairan Sumatera bagian utara pada umumnya bertiup dari arah selatan hingga Barat Laut dengan kecepatan 02 -20 knot.*

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024