Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara memberi pemahaman Hak Kekayaan Intelektual (HKI) kepada pelaku usaha ekonomi kreatif di daerah ini.
 
"Kekayaan intelektual merupakan aset yang sangat berharga dan penting," ucap Asisten Ekbang Setda Kota Medan Agus Suriyono dalam sosialisasi fasilitasi kekayaan intelektual 2024 di Medan, Rabu.
 
Menurut dia, HKI mampu mendorong inovasi maupun kreativitas para pelaku usaha, khususnya di era globalisasi dan digitalisasi dewasa ini.
 
Sekarang sangat rentan pencurian ide, sehingga pemahaman dan perlindungan terhadap HKI harus terus ditingkatkan.
 
Data Dinas Pariwisata Kota Medan menyebutkan, jumlah pencatatan dan pendaftaran HKI gratis bagi pelaku usaha ekonomi kreatif di Kota Medan sebanyak 77 dokumen pada 2022 dan 107 dokumen pada 2023.
 
"Pemkot Medan menyadari pentingnya pendaftaran HKI. Program Pak Bobby Nasution memfasilitasi pendaftaran kekayaan intelektual dari tahun ke tahun terus meningkat," jelasnya.
 
Melalui sosialisasi dan fasilitasi HKI, kata dia, Pemkot Medan berupaya memberikan pemahaman yang komprehensif kepada warga setempat, terutama para pelaku usaha ekonomi kreatif.
 
Sosialisasi fasilitasi kekayaan intelektual 2024 tentang perlindungan aKI ini diikuti 110 pelaku usaha ekonomi kreatif di Kota Medan.
 
Pemateri yakni Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sumut Alex Cosmas Pinem, dan Analisis Kekayaan Intelektual Ahli Muda Kemenkumham Sumut Desy Anggerainy.
 
"Saya berharap kegiatan ini semakin banyak  yang menyadari atas kewajibannya serta dapat memanfaatkan HKI untuk kemajuan bersama," ujar Agus.
 
Dinas Pariwisata Kota Medan akan memfasilitasi para pelaku usaha ekonomi kreatif, yakni fasilitasi administrasi dan fasilitasi finansial.
 
Untuk fasilitasi administrasi, Dinas Pariwisata Kota Medan akan memfasilitasi proses pendaftaran HKI, sedangkan fasilitasi finansial membiayai seluruh biaya pendaftaran HKI.
 
Sub sektor pelaku usaha ekonomi kreatif, yakni pengembangan permainan, arsitektur, desain interior, musik, seni rupa, desain produk, dan fesyen.
 
Kemudian film animasi dan video, desain komunikasi visual, kuliner, fotografi, aplikasi, televisi dan radio dan kriya periklanan, seni pertunjukan serta penerbitan.
 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024