Atlet arung jeram Sumatera Utara melakukan uji coba di Sungai Alas dan Sungai Mama's Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh, untuk mengasah kemampuan sebagai upaya menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh.

Sekretaris Umum Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sumatera Utara Elwin Reza di Medan, Rabu, mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas atlet binaannya agar nantinya bisa maksimal di PON mendatang.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan menggelar uji coba di Sungai Alas dan Sungai Mama's di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh yang dinilai memiliki medan cukup menantang sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat uji coba.

Sungai Alas memilki grade atau tingkat kesulitan mulai dari grade 1 sampai grade 4, karena itu dinilai sangat cocok untuk gelar Arung Jeram pada PON XXI 2024 akan datang.

"Diperkirakan kami di sana 2 mingguan, estimasi 25 Juni sampai 8 Juli 2024. Atlet yang dipersiapkan 12 orang yang terdiri dari 6 putra dan 6 putri, juga pelatih teknis 3 orang , 2 orang team medis dan dan dua orang official manager," katanya.

Selama di Aceh Tenggara, atlet arung jeram SUmut akan melakukan serangkaian kegiatan seperti uji jalur lomba klas DRR Sungai Alas dan Sungai Mama's sepanjang 7-10 km.

Kemudian simulasi klas Slalom dan klas di sungai alas dan Sungai Mama's dengan mitra berlatih klub jeram alas Aceh tenggara

Kemudian simulasi klas sprint dengan mitra tanding club' jeram alas Aceh Tenggara dan pemetaan jalur evaluasi rescue Sungai Alas dan Mamas Aceh Tenggara.

Tujuan utama uji coba itu, kata dia, untuk pengenalan dan pengujian jalur sungai berjeram di Sungai Alas dan Sungai Mama's sebagai venue resmi perlombaan arung jeram di PON mendatang, serta untuk mempersiapkan diri menjalani program training camp PON pada Agustus 2024.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024