Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Progam Magister Universitas Islam negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary ( UIN Syahada) Padangsidimpuan menggelar workshop Peninjauan Kurikulum.

Workshop yang digelar di Aula Pasacasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan, Kamis, menghadirkan Prof. Dr. H. Sulkhan Chakim, M.M, Wakil Rektor II UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Tema diusung "Meningkatkan Kualitas Pendidikan Pascasarjana melalui Peninjauan Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) Berparadigma Teoantropoekosentris di Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam."

Ketua Prodi S2 KPI Dr.Icol Dianto, M.Kom.I, menyebutkan tujuan digelarnya workshop ini untuk meninjau kembali mata kuliah dan pengajaran yang telah dijalankan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan selama ini.

"Karenanya, kurikulum ini perlu dilakukan review untuk memenuhi tuntutan lokal dan global," tegasnya.

Icol lanjut menjelaskan bahwa selama ini pihaknya masih menggunakan pelajaran atau mata kuliah yang merupakan draf awal ketika pengusulan pembukaan prodi S2 KPI. 

"Prodi ini sudah 3 tahun berjalan, perlu penyesuaian kembali mata kuliah, terlebih dengan adanya kurikulum baru saat ini yaitu kurikulum MBKM,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL, mengatakan bahwa untuk mereview kurikulum tidak bisa melakukannya sendiri, artinya perlu adanya bimbingan dan arahan dalam setiap langkahnya. 

"Oleh karenanya, kita mendatangkan Prof. Sulkhan dari UIN Saizu Purwokerto sebagai narasumber," kata Ibrahim seraya setuju review kurikulum untuk memenuhi tuntutan lokal dan global.

Turut hadir Wakil Rektor II UIN Syahada Padangsidimpuan Dr. Anhar, M.A, Ketua Senat UIN Syahada Padangsidimpuan Dr. Ali Sati, M.Ag, Wakil Direktur Pascasarjana Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd, para Kaprodi di Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan.

Kemudian para stakeholder, Ketua Prodi KPI STAIN Mandailing Natal Dr. Marlina, M.A., dosen-dosen KPI di lingkungan UIN Syahada Padangsidimpuan, alumni dan mahasiswa KPI Program Magister UIN Syahada Padangsidimpuan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024