Komando operasi (Koops) TNI Habema terlibat kontak senjata dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Kalenak Murib di Distrik Sinak Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tegah.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkopwilhan III) Letjen TNI Richard T H Tampubolon melalui keterangan tertulis di Timika, Rabu, mengatakan bahwa pada Senin (3/6) kelompok tersebut melakukan aksi teror terhadap masyarakat di areal Pasar Sinak.

“Kelompok OPM pimpinan Kalenak Murib ini memulai melancarkan aksinya dengan menekan dan meneror masyarakat di Pasar Sinak, Kabupaten Puncak,” katanya.

Menurut Richard, salah satu anggota OPM bersenjata diketahui bernama Dombol Murib yang merupakan adik dari Kalenak Murib, oknum tersebut memaksa dan meminta makanan serta uang masyarakat.

“Kelompok ini sangat meresahkan masyarakat karena mereka meminta dengan paksa, dan jika tidak dituruti maka akan dianiaya,” ujarnya.

Dia menjelaskan masyarakat di sekitaran Pasar Sinak panik dan berlari melaporkan kondisi ini ke aparat keamanan, dan dengan sigap pasukan Koops TNI Habema menuju lokasi aksi tersebut.

“Memang pada sat itu pasukan Koops TNI Habema sedang berada cukup dekat dengan lokasi Pasar Sinak, karena sedang mengamankan pembangunan Pos Gabungan Satuan Faskon Mabes TNI,” katanya.

Dia menambahkan kelompok OPM pimpinan Kalenak Murib melarikan diri melalui aliran sungai menuju Kampung Nigilome dengan membawa rekannya yang terkena tembakan Koops TNI Habema.

“Pasukan Koops TNI Habema berhasil menindak kelompok OPM pimpinan Kalenak Murib di Dsitrik Sinak sebagai upaya menciptakan keamanan wilayah guna percepatan pembangunan Papua.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Koops Habema kontak senjata dengan OPM Kalenak Murib di Puncak

Pewarta: Agustina Estevani Janggo

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024