Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat waspada potensi terjadinya hujan di sebagian wilayah di Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kepulauan Nias, Lereng Barat, Lereng Timur Sumatera Utara yang dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Prakirawan BBMKG WIlayah I Medan, Fauziah Fitri Damanik, Jumat.

Ia menyebutkan secara umum cuaca di Sumatera Utara Pada Sabtu (2/6) pagi cerah berawan dan berpotensi hujan ringan untuk wilayah Nias Selatan, Langkat, Karo, Dairi, Samosir, Simalungun, Toba, Tapanuli Utara dan sekitarnya.

Siang dan sore hari cerah berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat yang dapat terjadi di Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah.

Sementara pada malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sejumlah wilayah Sumatera Utara.

Hujan sedang berpotensi di terjadi di Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Labuhanbatu Selatan, Mandailing Natal, Kota Sibolga, Nias, Nias Utara, Nias Barat, dan sekitarnya.

Serta pada dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan untuk wilayah Langkat, Medan, Batubara, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tapanuli Tengah, Pakpak Bharat, Karo, Binjai, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Nias dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 17–33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 65–98 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Laut, 10 – 30 km/jam.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024