Pemkot Pematangsiantar meraih penghargaan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Teraktif III di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematangsianar. 

Penghargaan disebutkan dan diserahkan pada  acara pertemuan tingkat tinggi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan TP2DD di JW Marriot Hotel Medan, 22 Mei 2024.

Kepala Perwakilan BI Pematangsiantar Muqorobin menyampaikan, kegiatan ini merupakan akselerasi perkembangan pembangunan wilayah Sisi Batas Labuhan. 

Sisi Batas Labuhan merupakan singkatan dari delapan kabupaten/kota wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar, yaitu Pematangsiantar, Simalungun, Batubara, Tanjung Balai, Asahan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan dan Labuhan Batu. 

Dari aspek pengendalian capaian inflasi, Muqorobin menyebut, laju inflasi dengan angka deflasi di wilayah Sisi Batas Labuhan sekitar 0,08 persen. 

Begitu pun, Muqorobin mengingatkan adanya tantangan secara isu nasional terkait alih fungsi lahan yang dapat berpotensi menekan usaha industri sejak tahun 2018.

Wali Kota Pematangsiantar Susanti menyampaikan langkah-langkah penanganan inflasi di Kota Pematangsiantar yakni dengan mengadakan pertemuan TPID Pematangsiantar secara rutin. 

Selain itu, inspeksi mendadak pasar dan memantau secara berkala, memastikan tidak adanya penimbunan barang, memberikan imbauan belanja bijak agar masyarakat tetap tenang. 

Pemkot Pematangsiantar bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah mengambil kebijakan menekan harga pangan yang terus meningkat, dan bekerjasama dengan Badan Pangan Nasional. 
 

Pewarta: Waristo

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024