Setelah menunggu selama 12 tahun lamanya, Risvande Lubis (65), merupakan wartawan haji di Embarkasi Medan akhirnya bisa menunaikan amanah kedua orang tua menjalankan ibadah haji. 
 
Bersama istri tercinta Sahrum Ali Aman (58), dirinya tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 9 Embarkasi Medan, Selasa (21/5).
 
Resvande berangkat ke tanah suci pada Rabu (22/5) pukul 6.15 WIB, menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan 360 jamaah asal Kota Media langsung menuju Madinah, Arab Saudi. 
 
Pihaknya menuturkan pertama kali mendaftar untuk berhaji ini karena dorongan kedua orang tua, almarhum H M Jafar Lubis dan Hj Aisyah.
 
"Saat itu, ibunya saya menekankan agar semua anak-anaknya bisa menunaikan ibadah haji. Bahkan orang tua saya bersama adik-adiknya lebih dulu berhaji," katanya. 
 
Sebenarnya dirinya telah dibekali orang tuanya untuk mendapatkan porsi haji.
 
Namun karena tidak ingin meninggalkan istri tercinta, akhirnya rencana menunaikan rukun Islam terakhir ditunda.
 
"Hingga kami memiliki uang yang cukup untuk mendaftarkan dua orang, tepat pada 2012," tutur dia. 
 
Sebagai wartawan, Risvande mengaku selalu berusaha menyisihkan sebagian penghasilan untuk bisa mendapatkan uang guna melunasi biaya haji. 
 
Risvande yang juga anggota PWI Sumatera Utara mengaku, dirinya berserta istri sudah bisa berangkat haji tahun lalu. 
 
"Tapi sebagai jamaah cadangan, namun karena informasi yang diperolehnya dadakan, sehingga niatan untuk berangkat ditundanya," ungkapnya. 
 
Kini kakek dari dua orang cucu ini yang tidak pernah absen dalam peliputan haji di Asrama Haji Medan. 
 
Belasan tahun lamanya berharap bisa menjadi melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan sempurna, sehingga menjadi haji mabrur, papar Risvande. 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024