Pondok pesantren Ja'fariyah, Desa Hutaibus, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas ( Palas) menggelar acara penamatan santri tahun pelajaran 2023 - 2024.

Acara penamatan santri tingkat Madrasah Tsanawiyah ( MTs) dan Madrasah Aliyah ( MA), serta siswa - siswi kelas XII SMK Swasta Islam Terpadu ( IT)  di Yayasan Ja'fariyah Lubuk Soripada ini, berlangsung di halaman komplek sekolah setempat, Senin ( 20/5) siang.

Pimpinan Ponpes Ja'fariyah H. Pauzan Hamidy Hasibuan jumlah santri ponpes Ja'fariyah dan pelajar SMKS IT yang mengikuti acara pelepasan atau penamatan itu  sebanyak 199 orang. 148 orang santri kelas IX Madrasah Tsanawiyah, 26 orang santri kelas XII  Madrasah Aliyah, dan 25 orang pelajar kelas XII SMK S IT di naungan Yayasan Ja'fariyah Lubuk Soripada sekolah setempat.

"Kami berharap kepada seluruh anak - anak didik kami yang telah mengakhiri masa belajar nya di sekolah ini khususnya tingkat Aliyah dan SMK IT agar dapat menjaga nama baik almamater sekolah ini ke depan. Serta melanjutkan jenjang pendidikan ke yang lebih tinggi. Menjadi contoh teladan bagi masyarakat luas, serta berbakti kepada kedua orang tua, guru, bangsa dan negara,"katanya.

Kemudian untuk siswa siswi santri kelas IX Madrasah Tasnawiyah, H. Pauzan menambahkan agar mereka melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat Madrasah Aliyah atau SMKS IT di sekolah setempat.

Ia juga menuturkan, untuk penerimaan siswa siswi di tahun ajaran baru 2024 ini pada dua tingkatan di tiga sekolah itu, yakni Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan SMK S IT, pihaknya masih membuka peluang terbuka bagi masyarakat luas yang ingin mendaftarkan anak atau keluarga terdekat ke sekolah setempat.

"Untuk orang tua anak didik kami yang telah mengakhiri masa belajar nya di sekolah ini kami mengucapkan terimakasih atas amanah kepercayaannya kepada kami untuk mendidik anak - anak kita dengan baik selama ini. Kami juga mohon maaf apabila ada kekurangan dan kekhilafan kami dalam hal mendidik anak - anak kita di selama ini,"tutur Pauzan.

Acara penamatan santri dan pelajar kelas IX dan XII Ponpes Ja'fariyah dan SMK IT Yayasan Ja'fariyah Lubuk Soripada, Desa Hutaibus ini, turut dihadiri Kakan Kemenag Palas H. Abdul Manan MA, sejumlah pimpinan Ponpes - di Palas, beserta tamu undangan lainnya, termasuk para orangtua dan mewakili santri dan pelajar yang mengikuti acara penamatan tersebut.

Kegiatan ini dirangkai dengan penyematan mahkota oleh santri tahfiz Qur'an kepada orangtua masing - masing, dan pemberian sertifikat bagi 9 santriwati penghafal Al - Qur'an di ponpes setempat.

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024