Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan penghargaan kepada Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) yang telah berkontribusi menyukseskan program jaminan kesehatan (jamkes).

Kontribusi dimaksud dimana Pemkab Tapsel, saat ini dipimpin Bupati Dolly Pasaribu, sukses menganggarkan dan membayarkan iuran jamkes Pemkab Tapsel dengan tepat waktu dan tepat jumlah tahun 2020 - 2023.

Penghargaan yang diterima Bupati diwakili Kepala Badan BPKAD Tapsel, M.Frananda, diserahkan Deputi Direksi Manajemen Iuran BPJS, Agus Mustopa, di Hotel Santika Dyandra, Medan, Kamis (16/5).

Penyerahan penghargaan ini berlangsung pada Rapat Koordinasi Penerimaan Iuran Pemda Tahun 2024, Sosialisasi Implementasi  PMK Nomor 143 Tahun 2033 dan PMK Nomor 110 tahun 2023. Dengan nara sumber dari Kemendagri dan Kemenkeu RI.

Kaban BPKAD Tapsel M.Frananda menjelaskan, sejak tahun 2023 lalu Pemkab Tapsel telah menanggung lebih 95 persen masyarakatnya tergabung salam jaminan kesehatan nasional.

"Sehingga seluruh masyarakat Tapsel tak perlu ada kekhawatiran untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada di wilayah ini, baik untuk pemeriksaan kesehatan ataupun untuk pengobatan," katanya.

Selanjutnya, pada APBD tahun 2024 Pemkab Tapsel juga telah me alokasi anggaran sebesar 71 Miliar lebih untuk jaminan kesehatan bagi masyarakatnya.

Terpisah, Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, mengatakan, hal ini bentuk apresiasi atas komitmen Pemkab Tapsel dalam rangka mendukung program jaminan kesehatan nasional.

"Lebih dari itu program jamkes ini sangat  sejalan dengan visi misi mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas, dan sejahtera," tegasnya.

Pemkab Tapsel, lanjut Dolly, memberi apresiasi kepada BPJS atas sinergi yang terjalin cukup baik selama ini, serta pelayanan yang telah diberikan.

"Kiranya sinergi ini dapat terus berkelanjutan sehingga program jamkes dapat memberi manfaat maksimal bagi masyarakat Tapsel," katanya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024