Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara Dessy Hassanudin mendorong anak muda untuk menjadi perajin karena memiliki kreativitas yang tinggi sehingga dapat menghasilkan produk yang bernilai.

"Kita harus ajak anak-anak muda untuk jadi perajin. Anak muda memiliki banyak tenaga dan kreativitas sehingga menghasilkan produk-produk yang bernilai lebih tinggi," ujar Dessy usai menghadiri puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dekranas, di Solo, Rabu.

Selain itu, kata dia, dengan mengajak anak muda menjadi perajin akan mempermudah untuk memasarkan produk-produk karena sangat dekat dengan teknologi.

"Dengan begitu akan lebih gampang memasarkan produk-produknya ke berbagai daerah dan mancanegara, dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini," kata dia.

Dalam kesempatan itu, pihaknya berkomitmen untuk melahirkan perajin-perajin di Sumatera Utara sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah di wilayah ini.

Oleh karena itu, pihaknya akan melaksanakan program berupa pelatihan-pelatihan untuk mendorong para perajin muda yang baru lahir sehingga dapat memotivasi masyarakat untuk menjadi perajin.

"Saya menginginkan regenerasi perajin di Sumut berjalan dengan baik. Untuk itu, Dekranasda Sumut akan membuat program-program yang menstimulasi para perajin muda yang baru lahir," sebut dia.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin mengatakan, dewan kerajinan nasional merupakan salah satu tonggak utama dalam mengembangkan potensi industri kerajinan di Indonesia sejak 44 tahun lalu.

“Perjalanan yang panjang ini penuh dengan tantangan dan juga prestasi yang membanggakan, kita telah mendengar dan melihat bagaimana produk kerajinan kita, menjadi pusat perhatian, telah mendapat pengakuan di tingkat nasional dan internasional," ujar nya.

Hal tersebut, lanjutnya, tidak terlepas dari peran perajin, desainer, media, pelaku usaha mikro kecil menengah dan pemerintah, yang mengangkat produk-produk Indonesia ke panggung dunia.

Meskipun saat ini sedang terjadi gejolak ekonomi global. Hal tersebut, kata dia, harus dihadapi dan menjadi tantangan, untuk berkolaborasi dan beradaptasi.

“Gejolak global saat ini menjadi ujian kita semua, namun juga menjadi peluang untuk merespons dengan kreativitas dan keuletan kita. Kita harus terus mengembangkan keterampilan, menjaga kualitas produk dan memperluas jaringan pasar tidak hanya dalam negeri tetapi juga mancanegara," kata dia.

Acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dekranas ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.". “Saya ucapkan selamat ulang tahun ke-44 kepada Dekranas. Dengan mengucapakan Bismillahirohmanirohim, saya secara resmi membuka Dekranas Expo 2024,” ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024