Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyatakan, persiapan pemberangkatan jamaah calon haji Embarkasi Medan telah mencapai 100 persen. 
 
"Untuk persiapan haji kita sudah mencapai 100 persen," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumut Ahmad Qosbi di Medan, Jumat. 
 
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, lanjut dia, sudah melakukan proses pemberangkatan jamaah calon haji asal Sumatera Utara tahun ini.
 
Direktur Bina Umroh dan Haji Khusus Kemenag Jaja Jaelani telah melantik sebanyak 44 PPIH Embarkasi/ Debarkasi Medan pada 1445 Hijriah/2024 Masehi di Asrama Haji Medan, Senin (29/4).
 
"Jadi kami siap menyukseskan program penyelenggaraan haji tahun ini," tegasnya. 
 
Ahmad menyebutkan musim haji tahun ini sebanyak 8.624 jamaah calon haji Sumatera Utara akan diberangkatkan ke tanah suci, di antaranya visa jamaah hampir rampung 100.
 
Dia merinci jamaah calon haji Sumatera Utara sebanyak 8.328 kuota utama, lalu 296 kuota tambahan, 121 petugas kelompok terbang, dan 66 petugas haji daerah. 
 
"Ada 31 pembimbing (kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah/KBIHU) dan 416 prioritas lansia (lanjut usia)," kata dia. 
 
Pihaknya mengatakan tahun ini Kementerian Agama memberikan kenyamanan bagi jamaah calon haji Indonesia dengan mengembangkan pelayanan konsumsi. 
 
"Nanti menu makanan kita sesuaikan kondisi calon jamaah haji. Bapak dan ibu di kategori resti (resiko tinggi) kita sesuaikan, lansia juga kita sesuaikan agar nyaman sewaktu makan," papar Ahmad.
 
Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumut Zulfan Efendi menyebut Kloter I Embarkasi Medan akan berangkat pada 12 Mei 2024.
 
"Kloter I terbang ke Arab Saudi tanggal 12 Mei 2024," ungkap Zulfan yang pernah menjabat Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024