Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah setempat pada hari pertama masuk kerja setelah libur Idul Fitri 1445 Hijriah mencapai 99,49 persen.

"Hari ini adalah hari pertama kita bekerja setelah seminggu lebih kita libur bersama dalam rangka merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah. Alhamdulillah, kehadiran PNS untuk hari ini mencapai 99,49 persen," ujar Hassanudin usai memimpin apel setelah libur bersama dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1445 H, di Medan, Selasa.

Menurutnya, kehadiran ASN pada awal masuk kerja setelah libur Lebaran 2024 cukup terbilang tinggi. Namun, ia menegaskan jika ada ditemukan pegawai yang tidak hadir tanpa alasan maka akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Saya meminta kepada pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumut, agar dapat mengawasi dan memonitor, serta melakukan tindakan pembinaan terhadap pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh ASN di masing-masing OPD," kata dia.

Pada apel perdana yang digelar di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin mengajak seluruh pegawai untuk menjadikan bulan Syawal momentum untuk meningkatkan disiplin dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

"Setelah menjalani puasa di bulan Ramadan dan merayakan Idul Fitri, menjadi titik awal bagi kita dalam melakukan peningkatan-peningkatan, baik itu peningkatan kedisiplinan, serta amal-amal sosial, yang terhimpun dalam bentuk kebajikan" sebut dia.

Selain itu, mantan Pangdam I Bukit Barisan ini juga berpesan kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan kinerja dalam mensejahterakan masyarakat.

"Saya mengapresiasi dorongan untuk masuk kerja hari ini bukan hanya karena takut akan adanya sidak atau ancaman hukuman, melainkan benar-benar atas kesadaran. Mari tingkatkan kinerja untuk kesejahteraan masyarakat," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Sumut Aprilla Haslantini Siregar mengatakan seluruh jumlah Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebanyak 5.089 orang.

"Kehadiran para PNS pada 16 April 2024 mencapai 99,49 persen. Ada sejumlah ASN yang tidak hadir dengan keterangan cuti, sakit maupun tugas luas," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024