Perusahaan BUMD Sumatera Utara Perumda Tirtanadi menyiagakan sekitar 250 petugas selama 24 jam setiap hari untuk memastikan kelancaran distribusi air bersih saat libur Lebaran 2024.

"Petugas kami itu tidak libur selama masa Lebaran. Mereka bersiaga secara bergiliran," ujar Direktur Utama Perumda Tirtanadi Kabir Bedi di Medan, Jumat.

Kabir melanjutkan, dari 250 personel siaga, sebanyak 150 memantau operasi instalasi pengolahan air (IPA). Sementara sisanya berada di kantor-kantor cabang Perumda Tirtanadi yang tersebar di seluruh wilayah Sumut.

Dia memastikan para petugas Perumda Tirtanadi tersebut akan bergerak cepat ketika menerima laporan gangguan atau terjadi masalah aliran air bersih karena faktor alam.

"Walaupun kami tidak membuka layanan untuk pembayaran, tetapi kalau terjadi gangguan dan sebagainya masyarakat tetap bisa melaporkannya ke kantor cabang," kata Kabir.

Selain ke kantor cabang, Kabir juga menyebut masyarakat dapat menghubungi pusat panggilan Perumda Tirtanadi di nomor 1500922.

Bukan cuma personel, Perumda Tirtanadi juga menyiagakan setidak-tidaknya empat truk tangki yang bisa digerakkan ke lokasi-lokasi yang dibutuhkan.

Truk tangki tersebut, kata Kabir, saat ini masih berada di kantor pusat Perumda Tirtanadi di Medan. "Ketika terjadi permasalahan misalnya di daerah rawan kami akan membagi mobilnya," tutur dia.

Pemerintah Indonesia menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada 10-11 April 2024. Kemudian, ada pula cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada tanggal 8, 9, 12 dan 15 April 2024.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024