PT Pertamina Patra Niaga menggelar uji tera untuk memastikan kesiapan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah Sumatera Utara menghadapi libur Lebaran 2024.

"Kami rutin melakukan uji tera, baik secara metrologi maupun masing masing internal yang dilakukan oleh masing masing SPBU," ujar Direktur Keuangan PT Pertamina Patra Niaga Arya Suprihadi di Medan, Kamis.

Arya melanjutkan, pihaknya melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memantau dan menggelar uji tera di beberapa SPBU wilayah Sumut.

SPBU itu terutama yang berada di jalur pariwisata misalnya Tapanuli, Samosir, Toba, Parapat, Pematang Siantar dan Medan.

Adapun SPBU yang dipantau secara langsung oleh Arya yakni SPBU 14.223.305 Toba, SPBU 14.211.214 Parapat, SPBU Pematangsiantar, SPBU Rest Area 65B jalur tol Medan-Tebing Tinggi dan SPBU Singapore Station Adam Malik, Medan. Kegiatan itu dilakukan pada 31 Maret-2 April 2024.

"Terkait sertifikasi tera, semua masih berlaku. Kami lalu mengecek secara langsung dan ternyata seluruhnya telah memenuhi atau masih masuk dalam ambang toleransi artinya ini aman dan tepat untuk dikonsumsi oleh masyarakat," kata Arya.

Sementara uji tera dilakukan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut bersama Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal Kabupaten Deli Serdang dan UPTD Metrologi Legal Pematangsiantar. SPBU yang menjalani tes tersebut yaitu SPBU Rest Area 65B, SPBU Pematangsiantar dan SPBU Singapore Station Adam Malik, Medan.

Melalui uji tersebut, Pertamina Patra Niaga Sumbagut memastikan dan menjamin tepat jumlah (quantity) dalam penyaluran dan tepat mutu (quality) BBM.

Kepala UPTD Metrologi Legal Pematangsiantar Parasian Silalahi mengatakan, pihaknya bersama PT Pertamina Patra Niaga melakukan pengukuran uji tera di SPBU yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Pematangsiantar.

"SPBU ini masih memenuhi standar dan layak melakukan transaksi penjualan," tutur Parasian.

Dia menegaskan, uji tera ulang pada SPBU dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Sebelumnya tera ulang pompa ukur BBM di SPBU Pematangsiantar dilaksanakan pada November 2023.

"Di Pematangsiantar ini terdapat 10 SPBU dan semuanya taat untuk melakukan tera ulang, pompa ukurnya juga secara berkala," kata Parasian.

Pemerintah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada 10-11 April 2024.

Kemudian, ada pula hari vakansi cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada tanggal 8, 9, 12 dan 15 April 2024.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024