Kepolisian Resor Tapanuli Utara menyiapkan tujuh unit pos yang terdiri dari,  pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu, dalam rangka persiapan arus mudik dan arus balik perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

"Dari tujuh pos yang disiagakan, dua pos diantaranya merupakan pos pengamanan yang terletak di obyek wisata Salib Kasih Siatasbarita, dan obyek wisata geosite Hutaginjang Muara," terang Kapolres Taput AKBP Ernis Sitinjak, di tengah gelar apel Ops Ketupat Toba 2024, di Terminal Madya Tarutung, Rabu, (3/4).

Sementara, empat unit pos pelayanan yang masing-masing terletak di simpang empat Kota Siborongborong, di depan SPBU Jalan Balige - Tarutung, Jalan Tarutung - Tapteng, Kecamatan Adiankoting, dan di Jalan Tarutung-Sipirok, tepatnya di Aek Botik, Kecamatan Pahae Jae.

"Sedangkan pos terpadu ada satu pos dan di tempatkan di kompleks Bandar Udara Sisingamangara XII Silangit, Kecamatan Siborongborong, Taput," jelasnya.

Untuk mengisi ketujuh pos tersebut, sebanyak 214 orang disiagakan untuk menempati setiap pos yang terdiri dari personel Polri sebanyak 126 orang, TNI 24 orang, Denpom 2 orang, Sat Pol PP 22 orang, Dinkes 22 orang, Dishub 10 orang, Pengawai Kemenhub 4 orang, dan Angkasa pura sejumlah 4 orang.

"Ops Ketupat Toba 2024 akan berlangsung selama 13 hari yang dimulai 4 April 2024 hingga 16 April 2024," ujarnya.

Disebutkan, ketujuh pos dimaksud sudah berdiri di tempat masing-masing di titik yang sudah tetapkan, dan mulai besok akan mulai ditempati petugas jaga.

Personil yang ditempatkan di seluruh pos akan siaga selama 24 jam secara bergantian sebagai wujud pelayanan polri dan seluruh stake holder lainnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan mudik untuk merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H.

"Kita berharap, perjalanan para pemudik nantinya berlangsug dengan lancar dan nyaman selamat sampai tujuan demikian juga sekembalinya. Apabila ada gangguan di perjalanan, tolong di informasikan kepada pos terdekat melalui jaringan telephone atau media sosialnya agar anggota cepat meluncur. Dan apabila capek, lelah dan ngantuk saat membawa kenderaan, badan jangan di paksakan,  silahkan berhenti dan beristirahat di pos pelayanan yang tersedia demi keselamatan diri maupun keluarga kita," tukas AKBP Ernis.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024