Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah I Medan menyebutkan berdasarkan pantauan sensor modis berupa Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20, terpantau tiga panas di sejumlah wilayah di Sumatra Utara.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah, Jumat, mengatakan ke tiga titik panas tersebut masing-masing terpantau satu titik di kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan, satu titik di Kecamatan Ulusan kabupaten Toba dan satu titik di kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.

Terkait titik panas tersebut sudah diinfokan kepada pemangku kepentingan di daerah itu. Kepada masyarakat juga diimbau tidak melakukan pembakaran lahan mengingat kondisi cuaca yang panas meski diiringi hujan.

Sementara terkait cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan banyak.

Siang dan sore hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di Langkat, Deli Serdang, Karo, Simalungun, Gunung Sitoli, Nias Selatan, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Sibolga, Samosir, Toba dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Sumatera Utara. Hujan dengan intensitas lebat berpotensi di Langkat, Karo, Simalungun, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 16–34 Derajat Celcius, kelembapan udara 60–95 persen dan angin berhembus dari Timur Laut-Timur dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah pantai barat, lereng timur, lereng barat dan pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," katanya.*

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024