Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut) dalam dua hari ke depan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sore dan malam hari. 

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha Manurung, Kamis, mengatakan, beberapa hari ke depan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Pantai Barat, Lereng Timur, Lereng Barat, dan pegunungan Sumut.

Kondisi tersebut harus diwaspadai karena hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut, kata dia, dapat menyebabkan banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya.

Ia mengatakan secara umum cuaca di Sumut dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan ringan di Tapanuli Tengah. Sementara pada siang dan sore hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah.

Hujan lebat berpotensi di Langkat, Deli Serdang, Karo, Simalungun, Gunung Sitoli, Nias Selatan, dan sekitarnya.

Malam hari, lanjutnya, berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Langkat, Karo, Simalungun, Pakpak Bharat, Humbanghasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli selatan, Tapanuli Utara, Mandailing Natal, Gunung Sitoli, Nias Selatan, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 16–34,0 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60–95 persen dan angin berhembus dari timur laut - timur dengan kecepatan 10–30 km/jam.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024