Universitas Negeri Medan (Unimed) menerima sebanyak 2.621 orang calon mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP) pada tahun akademik 2024/2025.

Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin di Medan, Selasa, mengatakan hasil SNBP 2024 telah diumumkan secara resmi oleh panitia pusat. Para siswa SMA sederajat dari seluruh Indonesia yang telah mendaftar SNBP dapat melihat secara langsung di laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan pada laman mirror https://snbp.unimed.ac.id.

"Hari ini, Selasa, pukul 15.00 WIB telah diumumkan. Dari jumlah pendaftar SNBP 2024 yang mendaftar di Unimed sebanyak 25.768 orang, yang dinyatakan lulus 2.621 orang. Secara nasional kampus Unimed masuk 20 PTN dengan pendaftar terbanyak, yakni terbanyak ke-14 dari 143 PTN," katanya.

Sepuluh program studi favorit di Unimed jalur SNBP 2024 dengan peminat tertinggi adalah PGSD FIP, Manajemen FE, Prodi Ilmu Komputer FMIPA, Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling FIP, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi GIZI, Prodi Akuntansi, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan TIK dan Prodi Pendidikan Tata Boga.

"Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh calon mahasiswa baru Unimed jalur SNBP 2024, kami selaku pimpinan dan seluruh sivitas sangat senang dan bangga. Para siswa yang lulus telah menjadi bagian dari keluarga besar Unimed, jika nanti sudah mengikuti rangkaian registrasi, dan daftar ulang, maka baru dinyatakan sah menjadi bagian dari sivitas akademika Unimed," katanya.

Bagi puluhan ribu siswa yang belum diterima melalui jalur SNBP, masih memiliki kesempatan untuk bersaing kembali di jalur UTBK-SNBT dan Seleksi Mandiri.

"Percayalah, jika saudara yakin, tetap berusaha, dan serius belajar mempersiapkan diri, mudah-mudahan saudara bisa lulus di PTN tujuan. Sedangkan bagi yang telah dinyatakan lulus, segeralah persiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk registrasi pada laman https://www.unimed.ac.id," katanya.

"Lihatlah jadwal-jadwal penting untuk melakukan daftar ulang/registrasi, agar tidak terlambat. Sesuai kebijakan panitia pusat SNPMB 2024, bagi siswa yang sudah dinyatakan lulus SNBP, tidak lagi memiliki kesempatan untuk mengikuti UTBK-SNBT dan Seleksi Mandiri di PTN manapun. Kuatkanlah komitmen untuk melanjutkan pada prodi dan PTN yang telah saudara pilih sesuai pengumuman kelulusan. Sekali lagi selamat bergabung di kampus hijau Unimed. Semoga saudara bisa sukses studi meniti karir bersama kampus Unimed yang kita banggakan," tambah dia.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024