Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy menyampaikan keseriusannya untuk melaksanakan apa yang menjadi program nasional, apapun kedepannya program nasional yang di perintahkan di Langkat ini akan kami laksanakan.

Hal itu disampaikan Faisal Hasrimy, di Stabat, Senin (25/3), usai pihaknya menyaksikan optimasi lahan rawa di Dusun Sendayan Desa Securai Utara, Kecamatan Babalan.

"Rasa bangga saya kepada pemerintah pusat dengan apa yang dilakukan pada hari ini merupakan kegiatan yang mulia, memberikan bukti kepada para petani, kedepannya petani yang IP hanya 1,5 menjadi 2,5 sampai tiga kali setiap tahunnya," ujarnya.

Faisal Hasrimy juga menekankan kepada masyarakat terkhususnya para petani untuk mendorong dan jaga amanah yang di berikan kepada kita oleh pemerintah pusat. 

"Dan nantinya pompa air yang di berikan kepada kita dapat sama-sama kita jaga dan jangan di hak miliki pribadi,"  tegasnya.

Sementara Staf Khusus Kementrian Pertanian RI Dr.Ir.Sam Herodian, MS. IPU, APEC.Eng mengaku sangat senang bisa bertatap muka secara langsung dengan para petani di Langkat.

"Saya akan berikan lagi nantinya yang lebih besar ukurannya dengan harapan  kita lebih meningkat IP/per tahunnya" ujarnya.

"Terima kasih kita kepada Presiden RI yang memberikan tambahan subsidi pupuk dari 4,7 juta ton menjadi 9,5 juta ton tahun ini demi produksi yang memuaskan serta mensejahterakan bagi para petani di negara kita," ucapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara Rajali, S.Sos, M. SP  menyampaikan bahwa tahun 2023 lalu telah di laksanakan Survei Investigasi Desain (SID) optimasi lahan rawa seluas 1.650 hektare di 11 kabupaten.

Dimana pelaksanaan konstruksi akan dikerjakan secara swakelola oleh IPL (TNI) dan pengelolaan lahan dikerjakan oleh kelompok tani penerima di tahun 2024 ini.

Sedangkan salah satu alokasi kegiatan optimasi lahan rawa tersebut ada di Kabupaten Langkat seluas 200 hektare, ujar Rajali.



 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024