Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengajak Perhimpunan Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumatera Utara (MITSU) untuk turut serta menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI-2024 Sumut- Aceh.

"Kesuksesan PON tidak terlepas dari peran serta masyarakat. Sebagai tuan rumah, seluruh pihak mestilah ikut menyukseskan PON. Agar PON yang diselenggarakan di Sumut dapat menjadi kebanggaan yang terus diingat seluruh rakyat Indonesia," ujar Hasaanudin saat menerima audiensi Perhimpunan MITSU, di Medan, Jumat.

Dalam pelaksanaan PON, kata dia, pihaknya bersama semua pemangku kebijakan terkait berkomitmen untuk menyukseskan olahraga multi event tersebut karena akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

"Salah satu kesuksesan yang kita kejar selain sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi, adalah sukses ekonomi bagi masyarakat, marilah kita sama-sama menyukseskan ini sebaik-baiknya," kata dia.

Pada kesempatan itu, Hassanudin menyampaikan seluruh tahapan mulai dari administrasi hingga arena yang akan digunakan berjalan on the track dan akan rampung pada waktu yang telah ditetapkan.

"Dari tahapan yang ada seperti persiapan venue, akomodasi termasuk persiapan lain kami menyiapkan perencanaan keseluruhan. Kita harap tepat waktunya," ujarnya.

Sumatera Utara dan Aceh akan menjadi tuan rumah PON XXI/2024. Kompetisi olahraga nasional empat tahunan itu akan mempertandingkan sebanyak 34 cabang olahraga, 46 disiplin olahraga, dan 602 nomor pertandingan.

Ketua Perhimpunan MITSU Fajar Suhendra mengaku siap mendukung program pemerintah termasuk PON 2024 yang akan dilaksanakan di Sumut-Aceh pada September mendatang.

"Masyarakat juga mesti berperan dalam menyukseskan jalannya program program pemerintah. Kami siap sukseskan PON 2024," ujar dia.

Sementara itu, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara menyatakan kesuksesan Pekan Olahraga Nasional- XXI/2024 Sumut-Aceh tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah maupun KONI, namun menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Semuanya adalah tanggung jawab kita bersama agar PON benar-benar sukses sebagaimana yang kita harapkan. Pemerintah daerah, KONI, dan semua pemangku kepentingan harus bersama-sama bahu membahu untuk menyukseskannya," ujar Wakil Ketua KONI Sumut Agung Sunarno.*

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024