Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan, Sumatera Utara, secara resmi menutup pendaftaran program mudik gratis Pemkot Medan setelah 6.000 kuota terpenuhi.

"Di hari kedua pendaftaran ini, meski loket pendaftaran baru akan ditutup pukul 15.00 WIB. Namun siang ini pukul 12.00 WIB, kita sudah resmi menutup pendaftaran," ungkap Kepala Dishub Kota Medan Iswar Lubis di Medan, Selasa.

Menurutnya, antusiasme masyarakat Kota Medan dan sekitarnya mengikuti program mudik gratis Pemkot Medan dengan tajuk Mudik Bareng Pemkot Medan 2024 sangat luar biasa.

Dengan begitu, tak ada lagi proses pendaftaran pada Rabu (20/3) hingga Jumat (22/3) di tiga lokasi, yakni Taman Ahmad Yani, Kantor Dishub Kota Medan dan UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Amplas.

Walau awalnya pihaknya menginformasikan bagi masyarakat yang mengikuti program mudik gratis ini bisa mendaftar selama lima hari, yakni Senin (18/3) hingga Jumat (22/4).

"Kita tahu antusiasme masyarakat sangat tinggi terhadap program ini. Hingga kini saja masih banyak yang datang untuk mendaftar, tapi tidak bisa dilayani lagi karena 6.000 kuota pemudik sudah habis," tuturnya.

Iswar juga mengimbau bagi masyarakat yang sudah mendaftar, maka bisa datang kembali ke Taman Ahmad Yani pada 25 - 27 Maret 2024 guna mengambil tiket keberangkatan.

"Waktu pengambilan tiket hanya tiga hari di Taman Ahmad Yani. Saat proses pengambilan tiket, kita juga akan membagikan kaos Mudik Bareng Pemkot Medan 2024," papar dia.

Pihaknya juga memastikan, bahwa proses keberangkatan penumpang Mudik Bareng Pemkot Medan 2024 akan dilakukan pada 6 - 8 April 2024 di Jalan Masjid Raya, Kota Medan.

Program Mudik Bareng Pemkot Medan 2024 ini digelar dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah ke 12 kota tujuan meliputi Medan - Pakpak Bharat, Medan - Sidikalang, dan Medan - Tarutung.

Kemudian, Medan - Sibolga, Medan - Rantau Prapat, Medan - Kota Pinang, Medan - Sibuhuan, Medan - Gunung Tua, Medan - Sipirok, Medan - Natal, Medan - Panyabungan, dan Medan - Padang Sidempuan.

Data Dishub Kota Medan menyebutkan Mudik Bareng Pemkot Medan telah digelar selama tiga kali berturut-turut, yakni pada 2022 kuota 3.500 pemudik, 2023 kuota 5.000 pemudik, dan 2024 kuota 6.000 pemudik.

"Alhamdulillah, kegiatan ini bukti konsistensi Wali Kota Medan Pak Bobby Nasution yang terus ingin memfasilitasi masyarakat kembali ke kampung halaman merayakan Idul Fitri," ungkap Iswar.*

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024