Sejumlah penggiat media sosial (medsos) peduli Medan Zoo (Kebun Binatang Medan) berbagi paket punggahan kepada sebanyak 27 karyawan taman margasatwa menyambut bulan Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Ya, kami kemarin berbagi paket punggahan untuk 27 karyawan Medan Zoo," ucap Koordinator Penggiat Medsos Peduli Medan Zoo Fahmi Saleh di Medan, Sumut, Sabtu.

Paket punggahan yang diserahkan tersebut, lanjut dia, berupa sebanyak 27 karung beras kemasan lima kilogram dan uang tunai total Rp2,7 juta bagi seluruh karyawan Medan Zoo.

Pihaknya mengatakan bahwa kegiatan seperti ini masih terus berlanjut, terutama bantuan bagi karyawan yang terdampak krisis Medan Zoo.

Diketahui, sebanyak 300 orang lebih relawan bumantara dan penggiat medsos peduli Medan Zoo telah melakukan aksi bersih-bersih Kebun Binatang Medan, Rabu (24/1).

Aksi bersih-bersih kandang satwa, baik yang kosong maupun terisi, seperti kandang rusa, burung, kuda dan lainnya akibat banyak satwa yang mati dan terkesan kumuh di Medan Zoo.

Medan Zoo terletak di Jalan Bunga Rampai IV, Kelurahan Simalingkar B, Medan Tuntungan, pada Januari 2024 memiliki koleksi 110 satwa dari sebelumnya pada 2022 berjumlah 255 satwa di lahan 10 hektare dari total 30 hektare.

"Kalau selama ini kami hadir untuk membantu satwa, kali ini kami hadir memberikan sedikit perhatian kepada karyawan yang sudah tidak bergaji selama enam bulanan lebih," jelas dia.

Akibat kondisi tersebut, menurutnya suatu hal yang sangat mustahil berbagai pihak terkait dengan berharap orang ikhlas merawat hewan, tetapi perutnya sendiri kelaparan.

"Teman-teman terus bersinergi dengan pihak Medan Zoo untuk mengawasi satwa. Kita juga sudah terhubung langsung para keeper hewan guna tindakan darurat, jika sewaktu-waktu dibutuhkan," tutur Fahmi.

Manajer Medan Zoo Pernius Harefa memberi apresiasi atas kepedulian sejumlah penggiat media sosial peduli Medan Zoo terhadap 27 karyawan Kebun Binatang Medan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada penggiat medsos, khususnya masyarakat Kota Medan karena berpartisipasi mengambil bagian peduli dengan Medan Zoo," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024