PT Agincourt Resources (AR), pengelola Tambang Emas Batang Toru mengadakan seminar dalam hal penerapan aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) untuk tambang berkelanjutan. 

Seminar diikuti puluhan jurnalis berasal dari wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan Kota Sibolga, diadakan di Pia Hotel, Pandan, Sibolga, Selasa (5/3).

Deputy General Manager Operasi PT AR Wira Dharma Putra hadir di acara pembukaan seminar ini mengatakan ESG merupakan tolak ukur bagi investor untuk berinvestasi.

"Aspek ESG atau lingkungan, sosial, dan tata kelola sudah merupakan komitmen kita (PTAR) dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan (SDGs)," tegas Wira.

Bahkan, lanjut Wira, pihaknya juga sudah menerapkan ESG dengan membentuk tim terpadu melibatkan pemerintah, akademisi dan mssyarakat. Tujuan tim melihat implementasi (bentuk transparansi) ESG di PTAR.

"Oleh karenanya, kami menganggap seminar ini penting untuk membekali kompetensi jurnalis/wartawan terkait pemahaman ESG yang sudah kami (PTAR)  lakukan," kata Wira.

"Kita bukan semata memandang keuntungan, namun juga fokus pada pembangunan yang berkelanjutan baik dari aspek lingkungan, sosial, pun tata kelola. Termasuk upaya menurunkan emisi gas rumah kaca," ujarnya.

Seminar yang dimoderatori Benny Pasaribu, menghadirkan pemateri di antaranya Manager Environmental dan Manager Community Development PTAR Mahmud Subagya dan Rohani Simbolon, Sustainability Specialis Trisakti  Sustainability Center Leonard Panjaitan, Guru Besar Fakultas MIPA Unuversitas Sumatera Utara Prof Ternala Alexander Barus, dan Deputy GMO PTAR Wira Dharma Putra.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024