Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Sumatera Utara menjuarai kompetisi yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bertajuk OTW Terminal Vol. 03 untuk kategori video berkat "ecobrick".

"Dalam video yang kami buat, masyarakat diajak untuk menyaksikan cara memproses sampah plastik yang dilakukan warga Bukit Lawang untuk menjadi 'ecobrick' ramah lingkungan," ujar Kepala Disbudparekraf Sumut Zumri Sulthony di Medan, Rabu.

Adapun video yang dibuat Disbudparekraf Sumut untuk OTW Terminal Vol. 03 berjudul "Sampah Plastik Ecobrick" yang berdurasi 90 detik.

Di dalam rekaman audio visual itu, Disbudparekraf Sumut mempublikasikan bagaimana sampah plastik diubah menjadi "ecobrick" atau bata ramah lingkungan di destinasi wisata Bukit Lawang yang dimanfaatkan untuk bahan bangunan dan perabotan.

Menurut Zumri, masyarakat di Bukit Lawang itu mampu mengonversi sampah yang menjadi masalah mereka ke sesuatu yang berguna bagi kehidupan.

Dia pun berterima kasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno atas penghargaan yang diberikan kepada Disbudparekraf Sumut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga Uno. Semoga ini menjadi motivasi kami dalam terus menggiatkan promosi pariwisata berkelanjutan melalui konten media sosial," kata Zumri.

Sementara, melalui media sosial resmi Kemenparekraf, Sandiaga Uno memuji kreativitas semua peserta dalam mengampanyekan pariwisata dan ekonomi kreatif berkelanjutan melalui konten media sosial.

"Saya berharap upaya mengampanyekan pariwisata dan ekonomi kreatif ramah lingkungan tidak berhenti sampai di sini. Kita harus terus menggaungkan semangat pariwisata dan ekonomi kreatif hijau agar semakin banyak yang terinspirasi," kata Sandiaga.

Kompetisi OTW Terminal Vol. 03 diselenggarakan oleh Biro Humas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kategori video lomba tersebut diikuti oleh 38 Dinas Pariwisata Provinsi, 3 Badan Otorita Pariwisata dan 6 dari kampus Politeknik Pariwisata Kemenparekraf di seluruh Indonesia.

Selain video, kategori lain adalah infografis. Di sana, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) keluar menjadi yang terbaik.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024