Pemerintah Provinsi Sumatera Utara siap menyukseskan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 yang terhitung tinggal 196 hari lagi atau tepatnya akan diselenggarakan pada September 2024.

Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menuturkan Pemprov Sumut bersama pemangku kebijakan terkait sudah bekerja keras untuk mematangkan seluruh tahapan persiapan yang akan dibutuhkan pada PON 2024.

"Pemprov Sumut sudah melakukan berbagai persiapan dan evaluasi, mulai dari venue, persiapan para atlet, para pelaku UKM, dan lainnya. 196 hari lagi. Kita siap menyukseskannya," ," ujar Hassanudin usaiRoad to POn XXI Aceh-Sumut 2024, di Medan, Minggu.

Hassanudin mengaku seluruh progres pembangunan arena olahraga yang akan digunakan untuk perhelatan ajang olahraga terbesar di Indonesia itu berjalan dengan baik dan diperkirakan akan selesai tepat waktu.

"Stadion Sepakbola Sport Center akan selesai pada Juli 2024. Progresnya sekitar 30 persen lebih. Sedangkan, progres Stadion Madya Atletik yang dibangun seluas 3,9 hektare saat ini memasuki tahap penyelesaian atau sudah 90 persen," kata dia.

Untuk itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berkontribusi karena menjadi tuan rumah PON 2024 merupakan kebanggan bersama untuk dapat menyukseskanya

"Dengan sisa waktu yang ada, mari kita gaungkan menuju PON. Kami bersama masyarakat ingin menyampaikan ke pusat bahwa Sumut siap menjadi tuan rumah PON. Saya sebagai penjabat gubernur Sumut yakin PON berjalan sukses. Tentu dukungan semua stakeholder," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI ) Pusat, Suwarno, menyebutkan Sumatera Utara, harus bisa mengukir prestasi terbaik di PON 2024 mengingat persiapan yang sudah jauh-jauh hari dilakukan.

"Tidak hanya sukses penyelenggara, saatnya Sumut bisa bersaing dengan provinsi lain dalam hal prestasi. Sebagai tuan rumah, tentu KONI Sumut telah persiapkan atlet terbaik selama latihan. Apalagi, saat ini banyak atlet asal Sumut berada di Pelatnas membela Indonesia di event internasional," ujarnya.

Sumatera Utara dan Aceh akan menjadi tuan rumah PON XXI/2024. Kompetisi olahraga nasional empat tahunan itu akan mempertandingkan sebanyak 34 cabang olahraga, 46 disiplin olahraga, dan 602 nomor pertandingan.

Kabupaten Deli Serdang menjadi lokasi yang terbanyak memainkan cabang olahraga pada kompetisi olahraga nasional empat tahunan tersebut yaitu atletik, balap sepeda road race, berkuda, bermotor, voli, boling, bulu tangkis, cricket, barongsai, drumband, gateball, hockey, ju-jitsu, karate, senam, futsal, squash, taekwondo, wushu dan pencak silat.

Sementara Kota Medan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara akan menjadi saksi pertarungan kabaddi, tinju, esport, dance sport, akuatik, BMX, biliar, binaraga, golf, dan tenis meja. Di Kabupaten Karo akan berlangsung pertandingan balap sepeda MTB (sepeda gunung).

Selain itu, Kabupaten Serdang Bedagai akan menyajikan pertandingan bola voli pasir, Kota Siantar akan memainkan pertandingan kick boxing serta Kabupaten Toba juga akan memainkan pertandingan ski air.

Pertarungan untuk cabang olahraga gulat akan berlangsung di Kota Binjai, cabang olahraga sambo akan digelar di Kabupaten Langkat, dan renang kategori renang perairan terbuka akan berlangsung di Kabupaten Simalungun.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024