PT Inti Palm Sumatra (PT. IPS) melihat sektor perikanan air tawar sangat berpotensi untuk dikembangkan di Kabupaten Asahan, sebagai salah satu kegiatan usaha produktif masyarakat di bidang perikanan. 

Maka itu, PT. IPS yang merupakan salah satu perusahaan perkebunan swasta di Kabupaten Asahan sangat mendukung pengembangan potensi .

"Sektor perikanan air tawar ini akan kita jadikan sebagai kegiatan usaha produktif," demikian kata Riduan selaku perwakilan perusahaan usai menyerahkan secara simbolis pembiayaan kegiatan usaha produktif sektor air tawar di Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, Jumat (23/02)

Riduan mengatakan pembiayaan kegiatan tersebut merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan fasilitasi pembangunan kebun masyarakat (FPKM) PT. Inti Palm Sumatra Fase 1. Penyaluran pembiayaan untuk pertama kali kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mekar Jaya di Desa Sei Silau Timur dan Pokdakan Cahaya Kuala Asahan di Desa Sei Dua Hulu. 

"Kami berharap pembiayaan yang diberikan dapat digunakan dengan baik dalam membantu pengembangan usaha," ungkap Riduan yang didampingi Penasehat Hukum Sumantri dan Legal J. Bancin. 

Sementara itu Suparman selaku penerima manfaat dari program yang dilaksanakan PT. IPS mengucapkan terimakasih dan akan memanfaatkan pembiayaan tersebut dalam melakukan pengembangan budidaya ikan air tawar. "Terima kasih, kami akan lebih fokus lagi untuk pengembangan sektor perikanan air tawar," ungkapnya. 

Begitu pula dengan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, Umar Simangunsong memberikan apresiasi kepada PT. IPS, dan berharap langkah yang diambil oleh perusahaan perkebunan itu bisa diikuti oleh perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada di Kabupaten Asahan sebagai bentuk kewajiban perusahaan melalui Program FPKM. 

Kegiatan dirangkai dengan penanaman perdana kebun plasma PT. IPS, Kebun plasma ini merupakan program kerjasama antara Koperasi Harapan Baru Bersama Sei Kepayang dengan perusahaan. Kades Perbangunan Arinton Sihotang juga memberikan apresiasi, karena memberikan efek positif bagi masyarakat khususnya masyarakat Desa Perbangunan.

“Kami harap dengan terwujudnya Kebun Plasma PT. IPS ini dapat memberikan manfaat yang positif,"ungkap Edi selaku perwakilan perusahaan disela-sela Acara Seremonial Penanaman Perdana Kebun Plasma PT. IPS.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024