Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara menjadikan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung sebagai tuan rumah pelaksanaan diskusi monitoring dan evaluasi survei persepsi kualitas pelayanan dan survei persepsi anti korupsi demi kualitas pelayanan publik di Sumut.

"Rutan Tarutung menjadi tuan rumah dalam kegiatan diskusi monitoring dan evaluasi survei persepsi kualitas pelayanan dan survei persepsi anti korupsi yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Sumut dan diikuti secara luring daring," terang Humas Rutan Tarutung, Muhammad Nurdin Tanjung, Senin (19/2).

Secara spesifik, kegiatan yang digelar oleh Bidang HAM Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sumut langsung dipimpin Kepala Bidang HAM Flora Nainggolan beserta Kepala subid Pengkajian, Penelitian dan pengembangan Hukum dan HAM Bram Gun Saulus Lumban Gaol beserta staf.

Kegiatan diskusi monitoring pelaksanaan Survei Persepsi Kualitas Pelayanan dan Survei Persepsi Anti Korupsi (SPKP-SPAK) diikuti seluruh unit pelaksana teknis lingkup Kanwil Kemenkumham Sumut secara daring dan luring.

"Kegiatan monitoring dan evaluasi ini dalam rangka pengukuran secara komprehensif tentang kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan jajaran Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara serta pemetaan persepsi pengguna layanan terkait usaha pencegahan korupsi," terangnya.

Disebutkan, survei yang digelar bertujuan memperkenalkan perubahan isi dan tampilan aplikasi terbaru survei 3AS, dimana pelaporan yang dilakukan setiap triwulan yang akan menjadi syarat utama data pendukung dalam penilaian WBK dan WBBM.

Lanjut M Nurdin, pada kesempatan itu, Flora Nainggolan juga menegaskan agar dalam pelaksanaan survei  SPKP dan SPAK khususnya Rutan, Lapas, Kanim diharapkan menyampaikan responden untuk setiap bulannya jangan hanya sesuai standar minimal yaitu 30 responden diharapkan lebih dimaksimalkan lagi setiap bulannya.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan survei ini, maka transparansi dan keterbukaan atas layanan publik di unit pelaksana teknis diharapkan dapat memberikan penilaian yang obyektif dan tepat sasaran," ujarnya.

Para pejabat struktural Rutan Kelas IIB Tarutung sebagai pengemban tugas layanan masyarakat menyambut baik verifikasi lapangan ini.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024