Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumatera Utara tengah menyiapkan atlet-atlet muda berbakat sebagai regenerasi atlet untuk membawa harum nama provinsi tersebut baik di tingkat nasional maupun internasional.

Ketua Pengprov PASI Sumatera Utara David Luther Lubis di Medan, Sabtu, mengatakan, selain fokus persiapan menghadapi PON 2024, PASI provinsi ini juga berusaha meningkatkan pembinaan atlet muda sebagai pelapis atlet senior.

Pembinaan ini membuahkan hasil dengan munculnya atlet-atlet muda berbakat yang sebagian sudah tergabung dalam Pelatda persiapan PON 2024 yang akan dituanrumahi bersama oleh Sumatera Utara dan Aceh.

Dari beberapa kejuaraan atletik  tingkat pelajar, daerah dan nasional, beberapa atlet muda berbakat sudah muncul seperti Siska Simamora, Hardodi Sihombing, dan Nela. 

"Apa yang kita lakukan itu juga seiring dengan keinginan Ketua PB PASI Luhut Panjaitan yang mengharapkan daerah-daerah berkontribusi besar dalam mencari dan menciptakan bibit atlet berbakat," kata David.

Untuk persiapan PON 2024, PASI Sumatera Utara sedang menggembleng 36 atlet yang sedang menjalani pemusatan latihan. 

Selain latihan rutin yang di pusatkan di Stadion Unimed, atlet-atlet itu juga menjalani latihan di Siosar, Kabupaten Karo, yang memiliki ketinggian di atas 2000 mdpl.
 
ke-36 atlet itu t adalah Ridho Saragih, Syahputra, Chandra Kirana, Andika Syahputra, Abdul Hafiz, Syahrial Bakti, Hardodi Sihombing, Syafaat Tarigan, Suryana Putra Aruan, Pretty Sihite.

Kemudian Kahairuddin Syahputra,  Baim Bagus Pratama Sirait, Pramoedya Sufallah, Shafwan Hafizh Nasution, Berman Siahaan, Ayyub Niti Raharja, Bunayya Zaki, Daniel Simanjuntak, Wisnu Nop Diantoro, Ariel Raynaldi Tarigan.

Dwi Darmawan, Denzel Usman, Sigit Tri Arjuna, Nikmal Husein, Bagas Simanjuntak, Joshua Simanjuntak, Arwan Zebua, Shija barus, Nela Agustin, Pramoedyastri Sufallah, Sri Astuti, Rustika Sibagariang, Siska Simamora, Jelita Simanullang, Elvi Alvriani, dan Marini Aulia.

"Dengan materi atlet yang ada saat ini, dalam PON mendatang kita menargetkan enam  medali emas. Mudah-mudahan target itu dapat diwujudkan," kata dia.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024