Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara menyusun program kerja tahun 2024 demi mematangkan persiapan untuk menghadapi Pekan Olahraga nasional (PON) XXI/2024 di mana Sumatera Utara akan menjadi tuan rumah bersama Aceh.

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis di Medan, Jumat, mengatakan, berbagai program telah disusun untuk memaksimalkan menghadapi PON mendatang, termasuk diantaranya program pemusatan latihan, tes fisik dan tes kesehatan serta program uji coba atlet.

"Dengan program yang kita susun tersebut, arah pembinaan akan lebih pasti sebagai upaya kita untuk bisa mencapai target sukses di PON mendatang. Kita harapkan semua program yang disusun tersebut berjalan dengan baik," katanya.

Ia mengatakan, sebagai tuan rumah PON, Sumatera Utara, tidak hanya mengusung sukses penyelenggaraan, namun juga menginginkan sukses lainnya seperti sukses prestasi, sukses administrasi, sukses ekonomi dan sukses pemanfaatan fasilitas pasca kegiatan.

"Untuk sukses kelima poin tersebut, KONI sebagai pembina olahraga harus melakukan serangkaian kegiatan yang maksimal dalam mempersiapkan atlet yang akan kita turunkan di PON mendatang." katanya.

Terkait hal tersebut, KONI dinilai perlu memiliki konsep manajemen yang baik, dimulai dengan perencanaan yang matang, pengorganisasian dalam setiap program, pelaksanaan sesuai sasaran, dan evaluasi yang akurat.

Untuk itu perlu dilakukan serangkaian pembinaan yang diawali perekrutan atlet, seleksi atlet dan pelatih, tes kondisi fisik, dan tes parameter atlet, latihan intensif, melaksanakan try out, try in, training camp.

Serta kegiatan lainnya dengan tujuan menghasilkan atlet yang potensi dan siap menunjukkan prestasi di PON mendatang demi mengharumkan nama baik Sumatera Utara yang bermartabat.

"Program kerja tahun 2024 ini memuat secara garis besar program kerja yang dirancang dari masing-masing bidang di lingkungan KONI Sumut yang intinya merupakan dukungan untuk pembinaan atlet yang dilakukan pengurus cabang olahraga menuju PON 2024," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan untuk sukses prestasi di PON XXI/2024 tentu harus dibarengi anggaran yang memadai.

"Sebagus apapun program dibuat, kalau tidak didukung anggaran yang sesuai terhadap program, tentu kita tidak bisa mengharap hasil prestasi yang kita inginkan," katanya.

John mengaku optimistis terhadap Pemerintah Provinsi Sumut akan memikirkan masalah yang terjadi saat ini, termasuk menambah anggaran yang ada. Apalagi ini menyangkut nama baik Sumut pada pentas nasional, mengingat PON merupakan puncak pembinaan olahraga di provinsi ini.

"Saya yakin PJ Gubsu Hassanudin sangat memahami perencanaan, sehingga pada pembukaan Rakerda KONI Sumut dalam pidatonya dia mengapresiasi kerja KONI dan stakeholder Sumut. Beliau mengatakan memprioritaskan sukses PON 2024 mulai dari penyelenggaraan, prestasi, pemberdayaan ekonomi rakyat, administrasi dan pemanfaatan sarana prasarana pasca PON," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024