Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut Kembali mendapatkan penghargaan terbaik pertama sebagai pelaksana Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran periode semester dua tahun 2023 lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Balige.

Penghargaan dengan nilai sempurna yang diterima oleh Bendahara Rutan Tarutung Imanuel Sihotang, dan diserahkan oleh Kepala KPPN Balige Mahindun Dhiani Melda Harahap merupakan penghargaan untuk kategori pagu kecil ≤ Rp.5 miliar.

"Semoga prestasi yang telah diraih ini dapat dipertahankan dan menjadi motivasi untuk tahun 2024," ujar Ismet Sitorus, Kamis (25/1).

Harapnya, tim pengelola keuangan Rutan Tarutung dapat terus menjalankan asas keterbukaan dan profesional dalam pelaksanaan anggaran.

Sebelumnya, saat menyerahkan penghargaan, Kepala KPPN Balige Mahindun Dhiani Melda Harahap mengapresiasi para peraih IKPA terbaik periode semester II tahun 2023. 

"Kami harap para pengelola keuangan di masing-masing satuan kerja yang belum meraih nilai terbaik agar terus meningkatkan kinerjanya. Jangan sungkan bertanya dan berkonsultasi dengan petugas KPPN Balige. Kami siap membantu pengelola keuangan agar kinerja anggaran makin meningkat," sebutnya.

Sebagai informasi, IKPA merupakan indikator untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja kementerian/lembaga.

Nilai IKPA menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan satker dalam pengelolaan anggaran dan digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran yang disediakan Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang terintegrasi pada online monitoring SPAN yang dijadikan ukuran dan mencerminkan kinerja satker atas kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran, kepatuhan terhadap regulasi, efektivitas pelaksanaan kegiatan, serta efisiensi pelaksanaan anggaran.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024