Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dinas Kesehatan setempat memberikan layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada calon haji tahun 2024.

Kadis Kesehatan Kota Padangsidimpuan Balyan Siregar menjelaskan di Padangsidimpuan, Jumat, hal itu sesuai dengan instruksi Pj Wali Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe.

Menurut Balyan, itu menjadi bagian dari program Melangkah Bersama Untuk Padangsidimpuan Maju (MANTAP) dalam hal pelayanan kepada masyarakat mulai tahun 2024.

Pada tahun sebelumnya, pemeriksaan kesehatan dikenakan biaya sebesar Rp550 ribu. 

“Ini merupakan suatu terobosan yang dilakukan Pj Wali Kota Padangsidimpuan. Kami memberikan kemudahan kepada calon tamu Allah," kata Balyan.

Di Padangsidimpuan, yang terdapat ada 507 calon haji, memberikan layanan kesehatan seperti EKG, foto toraks, gula darah atau Hba1C di RSUD Padangsidimpuan dan pemeriksaan darah di Labkesda.

Nantinya, jika menderita penyakit kronis dan lainnya, calon haji akan diberikan resep dan obat secara gratis. Atau juga direkomendasikan untuk dirujuk ke rumah sakit agar mendapat perawatan lanjutan sebelum jadwal keberangkatan haji.

Pj Wali Kota Padangsidimpuan juga memberikan pesan khusus bahwa pihaknya menurunkan sejumlah dokter dan tenaga medis untuk memeriksa seluruh calon haji.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024