Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution meminta kepada perangkat daerah terkait untuk menyelesaikan seluruh program pembangunan yang sedang berjalan dengan baik.

"Terutama, berkaitan langsung pembangunan fisik. Saya harap nilai estetika diperhatikan," kata Bobby ketika membuka konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Medan 2025 di Medan, Selasa.

Seluruh program pembangunan yang telah dicanangkan di Kota Medan, lanjut dia, harus bisa dilaksanakan maupun diselesaikan dengan baik salah satunya program infrastruktur.

Pihaknya menyebutkan, misalnya pemasangan u-ditch atau drainase beton yang fungsinya memang lebih bagus, tetapi secara estetika masih ada kekurangan.

Wali kota juga menerangkan pentingnya perencanaan dalam setiap pembangunan yang akan dikerjakan, dan harus dimatangkan jauh sebelum pembangunan fisik dilakukan.

"Apabila Kota Medan ingin pembangunannya berjalan baik, maka perencanaan harus dibuat tahun sebelumnya. Misalnya apa yang ingin dibangun di 2025, maka harus direncanakan pada 2024," katanya.

Bobby menegaskan bahwa hal ini penting agar pembangunan Kota Medan ke depannya betul-betul menjadi kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia, baik infrastruktur maupun pelayanan.

"Agar Kota Medan ini bisa sama-sama kita wujudkan menjadi kota besar, seperti yang kita inginkan bersama. Mudah-mudahan niat baik kita dimudahkan," tutur dia.

Sekretaris Bappeda Kota Medan Alexander Sinulingga menyampaikan acara ini digelar merupakan rangkaian penyusunan RKPD Kota Medan 2025, khususnya fase penyusunan rancangan awal.

Ia mengatakan, forum ini digelar sesuai Undang-undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.86 Tahun 2017.

"Ini sesuai Permendagri No.86/2017 salah satu pasal menyebut rancangan awal RKPD dibahas bersama pemangku kepentingan melalui forum konsultasi publik guna memperoleh masukan dan saran penyempurnaan," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024