Perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) mengadakan upacara peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional tahun 2024, Jumat (12/1).

Upacara peringatan berlangsung di halaman basecamp PT SMGP Desa Purba Lamo, Kecamatan Lembah Sorik Marapi itu diikuti seluruh karyawan perusahaan dan  juga para kontraktor yang ada di wilayah perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi itu.

Wakil Kepala Teknik Panas Bumi, Ali Sahid menyampaikan, jika PT SMGP setiap tahun aktif dalam memperingati bulan K3 nasional.

Dia menyampaikan, peringatan bulan K3 ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap norma K3 serta menjamin terlaksananya perlindungan K3 pada setiap kegiatan di semua sektor usaha. 

Ali menyebut, geothermal merupakan sektor usaha yang memiliki bahaya dan risiko tinggi terkait kecelakaan kerja. Oleh karena itu dia berharap peringatan bulan K3 ini sebagai momen untuk meningkatkan dan mewujudkan pelaksanaan budaya K3 disetiap kegiatan pembangunan yang inklusuf dan berkelanjutan.

Ali menambahkan, berdasarkan filosofi dasar K3, pemberi kerja menjamin keutuhan dan kesempurnaan pekerja dalam menjalankan pekerjaannya melalui perlindungan K3, dengan melakukan upaya pengendalian terhadap semua bentuk potensi bahaya yang ada di lingkungan tempat kerjanya.

Apabila semua potensi bahaya di tempat kerja telah dikendalikan sampai batas standar aman, maka terciptalah kondisi lingkungan kerja yang aman dan sehat sehingga proses produksi dapat berjalan dengan lancar. 

"Dan kita mengingat bersama bagaimana beberapa kejadian kecelakaan yang terjadi di area PT SMGP pada waktu silam membuat proyek ini berpotensi ditunda pengembangannya oleh pemerintah. Dari pengalaman ini kita dapat melihat bahwa keberlangsungan usaha dalam jangkan panjang tidak bisa terlepas dari implementasi K3 di tempat kerja," sebutnya.

Dia menjelaskan, salah satu kunci penting dari pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah dengan membangun budaya keselamatan dan kesehatan kerja. Dengan adanya budaya K3 yang unggul, maka angka kecelakaan kerja dan penyakit akan dapat ditekan. 

"Dan perlu kami sampaikan bahwa tahun 2023 tepatnya bulan desember lalu, PT SMGP berhasil melakukan Unit Rate Capability (URC) unit 4 commisioning selama 72 jam (7-10 desember). Pencapaian ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh pekerja," sebut Ali.
 
Karena itu Ali berharap pelaksanaan bulan K3 nasional tahun 2024 ini menjadi momentum untuk bersama-sama memperbaiki HSE performance PT SMGP tahun 2024 yang dengan target yang lebih tinggi dan ketat lagi.

"Tahun ini masih akan menjadi tahun penuh tantangan khususnya dalam penerapan K3 di SMGP, mengingat target perusahaan tahun 2024 ini untuk angka LTIR yang diizinkan lebih ketat lagi. Namun kami berkomitmen untuk dapat menempatkan prioritas tertinggi terhadap K3 dan lindungan lingkungan," jelas dia.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024